Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Kemandirian Ekonomi Lewat Ekotren, Ganjar Didukung Ratusan Santri Di Jember

Selasa, 29 November 2022 13:32 WIB
Ratusan santri yang tergabung dalam jaringan relawan Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar Doa Bersama dan Gebyar Sholawat untuk Indonesia, di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas, Unnamed Road, Krajan, Cangkring, Jenggawah, Kabupaten Jember, Jatim, Selasa (29/11).  Dalam acara tersebut, terselip doa agar bangsa Indonesia semakin maju dan mendapatkan figur pemimpin nasional terbaik untuk mewujudkannya.
Ratusan santri yang tergabung dalam jaringan relawan Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar Doa Bersama dan Gebyar Sholawat untuk Indonesia, di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas, Unnamed Road, Krajan, Cangkring, Jenggawah, Kabupaten Jember, Jatim, Selasa (29/11). Dalam acara tersebut, terselip doa agar bangsa Indonesia semakin maju dan mendapatkan figur pemimpin nasional terbaik untuk mewujudkannya.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan santri yang tergabung dalam jaringan relawan Santri Dukung Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar 'Doa Bersama dan Gebyar Sholawat' untuk Indonesia. Dalam acara tersebut, terselip doa agar bangsa Indonesia semakin maju dan mendapatkan figur pemimpin nasional terbaik untuk mewujudkannya. 

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Jatim Huriyahi menyebutkan, pihaknya meyakini bahwa figur pemimpin tersebut adalah Ganjar Pranowo. Huriyahi menjelaskan, Ganjar mendorong kemandirian ekonomi santri lewat program Ekonomi Pesantren (ekotren). 

"Program ekonomi pesantren, yaitu agar santri ini bisa mandiri secara ekonomi, kemajuan bangsa pada taraf ekonomi. Termasuk misalkan adalah pelatihan kewirausahaan bagi kaum santri, serta bantuan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa," kata Huriyahi di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas, Unnamed Road, Krajan, Cangkring, Jenggawah, Kabupaten Jember, Jatim, Selasa (29/11). 

Baca juga : Sering Pake Baju Adat, Ganjar Berhasil Jaring Dukungan Warga Desa Di Semarang

Program Ekotren telah digulirkan Ganjar sejak tahun 2018. Melalui Dinas Koperasi Pemprov Jateng, santri mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan usahanya. Santri juga dibantu dengan pengurusan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikat halal, dan permodalan. 

Huriyahi mendorong program Ekotren agar bisa diterapkan di seluruh wilayah Indonesia untuk kesejahteraan dan kemajuan ekonomi keumatan. Dengan mendukung 'Ganjar Presiden 2024', Huriyahi berharap program tersebut bisa terwujud dalam skala nasional. 

"Kami juga sosialisasi Bapak Ganjar Pranowo terkait dengan program-program beliau saat menjadi Gubernur Jawa Tengah. Harapannya adalah program-program yang baik ini bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia ketika beliau menjadi Presiden di 2024," kata Huriyahi. 

Baca juga : Sandiaga Dorong Pelaku UMKM Dan IKM Manfaatkan Teknologi Di Ternate

Huriyahi mengatakan, Santri Dukung Ganjar Jatim akan terus mensosialisasikan program-program dan figur Ganjar Pranowo kepada seluruh masyarakat di Jatim, khususnya ke kalangan santri dan pesantren. Dia berharap, program-program tersebut bisa dilaksanakan secara nasional ketika Ganjar menjadi Presiden 2024. 

"Jadi ke depan kita dari Santri Dukung Ganjar Jawa Timur ini tetap mensosialisasikan Bapak Ganjar Pranowo ke daerah-daerah yang masih belum kita lakukan. Beliau menjadi pemimpin di negeri ini pada 2024, tidak lain harapannya adalah bagaimana program-program ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia," kata Huriyahi. 

Sementara itu, Dewan Pengasuh Rumah Tahfidz Al Ikhlas, KH Khotib Umar juga mendukung salah satu program Ganjar untuk menasional, yakni program Zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jateng. Menurut KH Khotib, hal itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, sehingga mengangkat ekonomi Indonesia. 

Baca juga : Dekat Dengan Masyarakat, Ganjar Didukung Para Kiai Di Kabupaten Tuban

"Terkait itu teruslah apa yang menjadi program-program Pak Ganjar terus dilaksanakan untuk Indonesia lebih maju," katanya. 

KH Khotib berharap, Ganjar semakin bisa merangkul semua kalangan dan terus memberikan kesejukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia. KH Khotib berharap, Indonesia semakin maju dengan kepemimpinan nasional Ganjar Pranowo. 

"Kami harap Bapak Ganjar Pranowo untuk lebih dekat dengan para nahdiyin, dan juga dapat merangkul semua pemeluk agama di Indonesia, yaitu dalam satu naungan bhinneka tungkal ika sekaligus dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi dari sebelumnya," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.