Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SiapBergerak-Bhayangkari PMJ Kirim Relawan dan Bantuan Ke Cianjur

Rabu, 30 November 2022 00:07 WIB
Pelepasan relawan SiapBergerak untuk membantu penanganan bencana Cianjur, di Lapangan Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya, Selasa (29/11). (Foto: PJM)
Pelepasan relawan SiapBergerak untuk membantu penanganan bencana Cianjur, di Lapangan Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya, Selasa (29/11). (Foto: PJM)

RM.id  Rakyat Merdeka - SiapBergerak bersama Bhayangkari Polda Metro Jaya (PMJ) kembali bergerak menuju Cianjur untuk mengirimkan relawan beserta bantuan kemanusiaan. Pelepasan relawan dan bantuan dipimpin Kabidokkes PMJ Hery Wijatmoko, di Lapangan Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya, Selasa (29/11). Hadir pula Kor Spripim Iver Mannosoh, Kepala Posko Relawan PMJ Supriyanto, serta Zaky Ramadhan dan Devie Rahmawati dari SiapBergerak.

Lima belas perwakilan Bhayangkari Polda Metro Jaya berangkat bersama 25 relawan SiapBergerak. Mereka terbagi atas tiga kelompok relawan yaitu tenaga kesehatan, relawan operasional dapur umum serta dokumentasi data dan audiovisual, serta relawan distribusi konsumsi dan bantuan kemanusiaan.

Baca juga : Galang Donasi, DPC KAI Bekasi Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

“Dari 25 relawan, 15 relawan fokus untuk mengabdi di ruang UGD, ruang perawatan dan mobile hospital dengan kendaraan motor trail Brimob Polda Metro Jaya, untuk menyisir masyarakat yang belum tersentuh layanan kesehatan, karena berada di kawasan-kawasan yang masih terisolasi,” ujar Zaky Ramadhan, Pimpinan Relawan SiapBergerak.

Sedangkan relawan nonnakes, berkonsentrasi di dapur umum, bersama Tim Brimob Polda Metro Jaya, untuk memproduksi makanan sebanyak 1500 boks per hari, untuk dibagikan ke berbagai RS untuk konsumsi petugas kesehatan, pasien, penunggu pasien serta posko-posko pengungsian di wilayah Cianjur.

Baca juga : PT Wira Cipta Perkasa Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

“Tidak hanya itu, Tim Relawan SiapBergerak juga membantu mendokumentasikan data arus lalu lintas kehadiran serta status pasien yang berada di RS. Hal ini menjadi penting, karena situasi darurat di RS, dibutuhkan pendataan yang presisi, sehingga memudahkan untuk mengalokasikan tenaga kesehatan dan obat-obatan, agar tepat sasaran dengan kehadiran para korban di RS yang tidak berhenti. Kita perlu memastikan agar pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medis dan nonmedis pasien,” ucap Zaky.

Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya menyatakan, setelah mengirimkan bantuan beberapa saat lalu, pihak kemudian mendapati adanya kebutuhan yang urgent untuk dikirimkan ke Cianjur yaitu kebutuhan relawan, kebutuhan air bersih, dan toilet bagi petugas medis, pasien korban dan juga pengungsi. “Oleh karenanya, hari ini, kami mengirimkan lima toilet portable serta tangki air yang siap melayani petugas kesehatan, pasien, keluarga pasien serta para pengungsi yang kesulitan air,” ujarnya.

Baca juga : Terinspirasi Ganjar, Relawan Perempuan Di Banten Bagikan Ratusan Sembako

Dia melanjutkan, anak-anak, perempuan, dan para ibu, menjadi salah satu korban bencana yang terdampak. “Oleh karenanya, kami mengirimkan bantuan susu bayi, MP ASI, popok bayi, selimut, air mineral, selimut hingga kebutuhan pakaian dalam perempuan, perlengkapan ibadah,” tutup.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.