Dark/Light Mode

Moeldoko Bocorkan Strategi Pemerintah Percepatan Transformasi Digital

Kamis, 1 Desember 2022 22:08 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada acara Katadata Regional Summit 2022, bertajuk Digital Transformation Towards Regional Sustainable Development Kamis(1/12).
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada acara Katadata Regional Summit 2022, bertajuk Digital Transformation Towards Regional Sustainable Development Kamis(1/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, Pemerintah telah menyiapkan lima langkah strategis dalam percepatan transformasi digital di Indonesia. 

Pertama, kata dia, perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dari hulu ke hilir. Kedua, percepatan dan peningkatan layanan internet di lebih dari 12.500 desa/kelurahan dan titik-titik publik. Ketiga, melakukan percepatan integrasi pusat data nasional. 

Selanjutnya, tambah Moeldoko, mempersiapkan kebutuhan SDM digital melalui proses transformasi yang menyeluruh dan merata, serta memperbaiki regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital untuk keberlanjutannya. 

Baca juga : AHY Temui Sejumlah Pejabat Dan Akademisi Australia

"Lima strategi ini merupakan arahan Presiden Jokowi dalam percepatan transformasi digital di Indonesia," kata Moeldoko pada acara Katadata Regional Summit 2022, bertajuk "Digital Transformation Towards Regional Sustainable Development, Kamis (1/12). 

Eks Panglima TNI ini mengakui, bahwa transformasi digital telah menjadi bagian penting dalam mengubah landscape perekonomian Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19. 

Di mana terjadi adopsi digital yang sangat pesat. Hal itu, tercermin dari peningkatan jumlah pelaku UMKM yang tergabung dengan ekosistem digital, yang mencapai 19 juta UMKM pada Mei 2022. 

Baca juga : Percepatan Transformasi Digital Perluas Akses Keuangan UMKM

"Target Pemerintah 30 juta pada 2024," terangnya. 

Transformasi digital, sambung Moeldoko, juga sangat bermanfaat bagi reformasi kerja dalam pemerintahan. Pelayanan publik menjadi lebih efektif, menjadikan ekosistem budaya kerja yang adaptif, kolaboratif, dan tertata.

"Untuk itu saya mengapresiasi acara ini (katadata Regional summit 2022) karena bisa memicu daerah dan pengusaha berinovasi menaikkan indek digital," pungkas Panglima TNI 2013-2015.

Baca juga : Jelang Nataru, Pemerintah Kudu Kendalikan Inflasi Pangan

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga didaulat untuk menyerahkan penghargaan kepada provinsi yang berhasil menaikkan indeks digital. Yakni, provinsi DIY, Bengkulu, Kalimantan Timur, NTT, Sulbar,  dan Papua Barat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.