Dark/Light Mode

KSAL Laksamana Yudo Margono Bakal Diganjar Anugerah Maritime Awards 2022

Kamis, 1 Desember 2022 23:29 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono telah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember mendatang. 

Sebelum resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono bakal menerima penghargaan Ir. H. Djuanda Kartawidjaja Awards Kategori Bidang Diplomasi Maritim dalam acara Penganugerahan Maritime Awards 2022, di Dermaga Kolinlamil Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (16/12). 

Ketua Pelaksana ISPEC dan Maritime Awards Fajar Bagoes Putranto mengungkapkan, penetapan Laksamana Yudo Margono sebagai salah satu tokoh nasional yang dianugerahi penghargaan Maritime Awards 2022 setelah melalui proses seleksi dari beberapa dewan pakar.

Laksamana Yudo Margono dinilai berhasil memimpin TNI Angkatan Laut sebagai garda depan penjaga keamanan serta kedaulatan wilayah laut Indonesia serta aktif menyokong agenda besar yakni menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Baca juga : Telkom Gondol Dua Penghargaan di Ajang Anugerah Media Humas 2022

Laksamana Yudo Margono sempat menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkopgawilhan) 1 yang merupakan organisasi baru TNI untuk mengamankan wilayah RI.

Dalam tugas ini, Laksamana Yudo Margono bertanggung jawab untuk memastikan wilayah darat, laut, dan udara RI bebas dari ancaman luar.

Laksamana Yudo Margono juga memegang peranan penting ketika konflik di kawasan Laut China Selatan terjadi.

Dia kerap memerintahkan kapal-kapal TNI AL untuk melakukan penegakkan hukum di wilayah Laut China Selatan. Berkat hal tersebut, kini wilayah Natuna Utara menjadi relatif aman dari gangguan luar.

Baca juga : Bank DKI Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top 20 Financial Institution Award 2022

Maritime Awards merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh penyelenggara kegiatan ISPEC (International Sea Port Exhibition and Conference) bekerja sama dan didukung oleh beberapa Kementerian Republik Indonesia serta beberapa pemangku kepentingan dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional dan Hari Nusantara.

Ide penganugerahan ini dicetuskan oleh Yayasan BiijanaPaksi Sitengsu sebagai wujud apresiasi kepada para tokoh nasional yang fokus di bidang maritim.

“Tujuan dari Maritime Award, pertama, menghargai dan mempromosikan pencapaian keunggulan di bidang kemaritiman," ujarnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (1/12).

Kedua, memberikan penghargaan kepada perseorangan yang menunjukkan dedikasi dalam bidang maritim dengan melahirkan gagasan atau pemikiran atau menghasilkan karya yang berpengaruh di tingkat daerah, nasional, dan internasional khususnya di bidang maritim.

Baca juga : Di Sholawat Akbar, Ratusan Warga Jakut Doakan Ganjar Pranowo Menang Di Pilpres 2024

Ketiga, untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia dengan sumber daya manusia yang produktif dalam bidang maritim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.