Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Humas APP Sinar Mas Sabet Anugerah Insan PR 2022

Jumat, 11 November 2022 09:32 WIB
Head of National Media Corporate Affairs & Communications APP Sinar Mas, Emmy Kuswandari. (Foto: Ist)
Head of National Media Corporate Affairs & Communications APP Sinar Mas, Emmy Kuswandari. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi memunculkan revolusi yang luar biasa dalam dunia Kehumasan. Revolusi ini meliputi perubahan pendekatan dan strategi kehumasan yang berbeda dalam penanganan isu, krisis dan komunikasi internal maupun eksternal.

Revolusi ini diadaptasi PR dengan memperluas  wawasan, ketrampilan, kompetensi dan mengikuti perkembangan dunia digital dengan lebih intensif. Secara signifikan, perubahan dari PR tradisional dari yang mengandalkan liputan di media massa menjadi digital PR. 

"PR merupakan pahlawan-pahlawan dalam dunia komunikasi. Kadang, komunikasi menjadi lebih penting dari kebijakan itu sendiri. Mari menjadikan komunikator-komunikator di organisasi kita masing-masing sebagai pahlawan. Karena merekalah organisasi masih kokoh berdiri," ujar Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan pada acara Jambore PR Indonesia (Jampiro) di Surabaya, Kamis (10/11).

Baca juga : Gus Jazil: Milenial Masuk Politik, Bangsa Indonesia Akan Maju

Jampiro kali ini mengambil tema Sharpening Impactful Innovative Communications for Stronger Indonesia. Jampiro dirancang untuk mengawal pemimpin perusahaan dam tim komunikasi bertemu pada visi yang utama. 

Asmono menambahkan, PR tidak bisa dianggap remeh dan jadi pemadam kebakaran saja, tetapi harus diberikan ruang untuk berkembang. 

Insan PR 2022 ke-8 ini merupakan apresiasi dari PR Indonesia untuk praktisi Kehumasan baik dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi.

Baca juga : APP Sinar Mas Beberin Jurus Cegah Kebakaran Lahan Di COP27

Asmono menegaskan, kalau PR tidak mengartikulasikan posisi mereka di institusi masing-masing dengan baik. 

Pemahaman ini penting karena dengan begitu, praktisi PR mampu memainkan peranan strategis PR. “Peranan PR itu strategis. Tidak lagi pada tataran teknis, tetapi justru membantu top manajemen untuk memberikan inside untuk pengambilan keputusan,” pungkasnya.

Dalam Anugerah Insan PR 2022 ini, Emmy Kuswandari, Head of National Media Corporate Affairs & Communications APP Sinar Mas mendapatkan penghargaan Kategori Perusahaan Swasta, Subkategori Manager Public Relations/Corporate Communications. Ajang kompetisi yang diikuti oleh seluruh praktisi PR dari seluruh Indonesia.

Baca juga : Ini Doa Menag Dalam Anugerah Gelar Pahlawan Nasional 2022

“Teknologi berkembang dengan sangat cepat, dan kita berkejaran untuk mempelajarinya. Kemuliaan seorang PR itu meletakkan kemanusiaan dalam setiap pelayanannya. Dan itu yang tidak bisa dilakukan robot, secanggih apapun," ujar Emmy usai mendapatkan penghargaan. 

Juri kompetisi ini terdiri dari Nico Wattimena, dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Postgraduate Programme, Direktur LSP Manajemen Komunikasi dan founder PR Society Indonesia Magdalena Wenas, Direktur dan Senior Consultant Inke Maris & Associates Widyaretna Buenastuti, dosen dari Universitas Mercu Buana, Irmulansati Tomohardjo dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan. 

“Yang menggembirakan, sebagai  peserta, saya pun belajar dari partisipan yang lain. Dan malam penghargaan ini menjadi ajang untuk memperluas jejaring," tambah Emmy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.