Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BPIP: Forum Kerukunan Antar Umat Beragama Miniatur Kebhinekaan

Jumat, 2 Desember 2022 11:15 WIB
Rakernas Forum Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia. (Foto: Ist)
Rakernas Forum Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kota Palu, Kamis (1/12).

Dalam sambutannya, Yudian mengaku bangga telah diundang dalam Rakernas FKUB di Kota Palu. Kata dia, Kota Palu selain memiliki potensi sumber daya alam yang baik, juga terkenal dengan adatnya yang kokoh dan kehidupan beragamanya yang harmonis, yang jauh dari konflik dan intoleransi. 

Yudian menyebut FKUB merupakan miniatur kebhinekaan yang dapat menyatukan latar belakang agama yang diharapkan memberikan harmonisasi beragama khususnya di Sulawesi Tengah.

"Kerukunan umat beragama menjadi kunci terpenting dalam terbentuknya FKUB yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Yudian.

Baca juga : Kepala BPIP: AMN Bentuk Mahasiswa Berkarakter Pancasila

FKUB merupakan wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kerukunan. Kata Yudian ada tiga indikator dalam penilaian indeks kerukunan umat beragama, yaitu toleransi, kesetaraan dan kerja sama. 

Indikator toleransi merepresentasikan dimensi saling menerima dan menghargai perbedaan.  "Sementara kesataraan mencerminkan keinginan saling melindungi, memberi hak dan kesempatan yang sama dengan tidak mengedepankan superioritas," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengapresiasi terselenggaranya Rakernas FKUB tahun 2022. Ia berharap dalam pertemuan tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Indonesia ini dapat menjadi arti dan makna terutama dalam kerukunan umat beragama di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Atas nama Pemda Provinsi saya menyabut baik kepada smeua pihak yang sudah berpartisipasi", ujarnya.

Baca juga : Kepala BNPT: Kelompok Ekstremis-Teroris Salahgunakan Internet Untuk Propaganda Dan Pendanaan

Ia berharap diselenggarakannya Rakernas dapat merumuskan program dan kegiatan FKUB yang sangat baik bagi kehidupan umat beragama.

"Beragamnya agama di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah, FKUB menjadi garda terdepat dalam menjaga harmonisasi," paparnya.

Ketua FKUB Provinsi Sulawesi Tengah Zaenal Abidin mengatakan Rakernas yang akan diselenggarakan selama 3 hari ini menjadi semangat bersama untuk menciptakan situasi kondusif. "Antusias dan semangat ini menjadi bukti membangun kerjasama yang semakin tinggi terutama di Daerah," paparnya.

Dengan mengusung tema "Meneguhkan Kerukunan, Membangun Peradaban" menjadi landasan kita untuk menyelesaikan persoalan-persoalan agama. "Agama jangan sampai menjadi pemicu kegaduhan. Semua agama mengajarkan kebaikan dan kedamaian," tegasnya.

Baca juga : Di Bumi Kartini, Kepala BPIP Bicara Peran Ulama Perempuan Dalam Merawat Kebangsaan

Ia mengaku agama selalu memberikan solusi untuk persatuan dan kesatuan seluruh persoalan Bangsa. "Agama memberikan solusi untuk persatuan dan kesatuan seluruh persoalan bangsa," terangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.