Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MPKF Turun Tangan Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Minggu, 4 Desember 2022 09:25 WIB
Relawan Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) saat memberikan bantuan di posko pengungsian gempa Cianjur. (Foto: Istimewa)
Relawan Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) saat memberikan bantuan di posko pengungsian gempa Cianjur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 40-an relawan Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) bersama masyarakat terdampak Gempa Cianjur bahu-membahu membongkar-muat barang-barang kebutuhan di pengungsian.

Didampingi pihak kepolisian dan TNI, Tim MPKF bergerak menyusur jalan rusak menggapai pelbagai titik pengungsian sejak Jumat (25/11), untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban Gempa Cianjur. Sepanjang perjalanan menuju Pos Komando (Posko), Tim MPKF melihat reruntuhan bangunan akibat gempa dengan Magnitudo 5.6 di Cianjur pada Senin, (21/11).

Pos Komando (Posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur tercatat korban meninggal sampai dengan Rabu (30/11) terdapat 328 jiwa, sementara ada 12 korban masih dinyatakan hilang sehingga masuk dalam Daftar Pencarian (DP).

Di samping itu, Posko Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur mencatat masih ada sebanyak 109.386 jiwa (39.521 KK) berstatus sebagai pengungsi tersebar di 451 titik, dengan rincian 351 di pos pengungsian terpusat dan sisanya mandiri.

Baca juga : PMJ dan Relawan SiapBergerak Bantu Korban Gempa Cianjur Nonstop 24 Jam

Gempa Cianjur yang  getarannya juga dirasakan mayarakat Jakarta menimbulkan kerusakan hebat sehingga menyulitkan para relawan mengakses lokasi terdampak untuk menyalurkan bantuan.

Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) ikut turun tangan menyalurkan bantuan kepada para korban terdampak Gempa Cianjur pada Jumat 25 November 2022.

"Penyaluran bantuan dari MPKF selain untuk memenuhi kebutuhan di pengungsian, juga sekaligus memberi pesan kepada para korban gempa di Cianjur agar tetap kuat dan segera pulih," kata Ketua Umum Merah Putih Kasih Foundation Tommy Hermawan Lo dalam keterangannya, Minggu (14/12).

MPKF menyalurkan sebanyak 54 kategori barang, termasuk tenda, obat-obatan, makanan, susu, pembalut, pakaian, hingga tenda, dengan jumlah anggaran lebih kurang dua miliar rupiah langsung disalurkan 40 relawan dengan menggunakan 10 truk pengangkut bantuan.

Baca juga : Peduli Gempa Cianjur, Kokola Group Salurkan Bantuan

Bantuan berupa makanan dan pakaian, lanjut Ketua Umum MPKF Tommy Hermawan Lo, langsung disalurkan kepada korban gempa, sementara tenda dikumpulkan terlebih dahulu di Kodim 0608 lalu bersama-sama didistribusikan ke titik-titik paling memerlukan bantuan.

Sedangkan obat-obatan didistribusikan ke puskesmas dan balai desa di kecamatan terdampak gempa dan sangat membutuhkan.

Bencana gempa Cianjur, menurut Dewan Pembina Merah Putih Kasih Foundation Jerry Hermawan Lo, menjadi momentum bersama-sama untuk berpegangan tangan erat bergotong-royong meringangkan beban korban terdampak Gempa Cianjur.

"Indonesia punya semangat gotong-royong begitu kuat, dan itu jadi kekuatan kita untuk saling menguatkan dalam keadaan sesulit apa pun," kata Jerry Hermawan Lo.

Baca juga : BMKG: Beda Sumber, Gempa Garut Tak Terkait Gempa Cianjur

"Semoga bantuan ini bisa meringankan korban bencana Gempa Cianjur untuk lekas pulih dan bangkit dari keterpurukkan," doanya.

Dengan bantuan tersebut, MPKF berharap bisa selalu hadir di tengah situasi sulit para korban dan mengajak masyarakat di luar sana untuk berempati dan sebisa mungkin menggulung lengan kemeja untuk sama-sama membantu korban terdampak Gempa Cianjur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.