Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Musra Gorontalo

Mahfud MD Konsisten Dilirik Gabungan Relawan Jokowi

Selasa, 6 Desember 2022 15:29 WIB
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat mengumumkan hasil Musra di Restoran Beautika, Jalan Panglima Polim 9, Jakarta Selatan, Selasa (6/12). (Foro: Istimewa)
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat mengumumkan hasil Musra di Restoran Beautika, Jalan Panglima Polim 9, Jakarta Selatan, Selasa (6/12). (Foro: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia ke-9 telah selesai digelar di Gorontalo Minggu (4/12) lalu. Nama-nama sosok pemimpin nasional yang menjadi usulan rakyat pun mengemuka.

Musra di Gorontalo cukup mengejutkan. Karena, jika biasanya untuk calon presiden (capres) yang bertengger di puncak adalah nama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, di provinsi ini yang di posisi atas adalah Airlangga Hartarto.

Sementara itu, nama yang selalu konsisten masuk di posisi calon wakil presiden (cawapres) yakni Menko Polhukam Mahfud MD nangkring di posisi atas di Musra Gorontalo. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) kini jadi pilihan relawan Jokowi di setiap Musra.

"Pak Mahfud selalu muncul setelah sekian Musra digelar. Beberapa kali, termasuk di Gorontalo, Pak Mahfud bahkan nomor satu sebagai cawapres. Rupanya rakyat dan relawan Jokowi, menginginkan Pak Mahfud memimpin negeri ini," kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat mengumumkan hasil Musra ke-9 Gorontalo di Restoran Beautika Jalan Panglima Polim 9, Jakarta Selatan, Selasa (6/12).

Baca juga : Naysilla Mirdad, Pacar Udah Dekat Dengan Keluarga

Andi Gani memaparkan, untuk Cawapres, Mahfud MD di posisi teratas dengan raihan 20,65 persen. Disusul Sandiaga Uno 18,67 persen, Moeldoko 16,92 persen, Arsjad Rasjid 10,27 persen, Erick Thohir 8,98 persen, Andika Perkasa 8,05 persen, Rahmat Gobel 4,08 persen, Ridwan Kamil 3,39 persen, AHY 2,57 persen, Gibran Rakabuming 2,22 persen, dan lainnya 4,20 persen.

Sedangkan untuk Capres, nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di posisi teratas dengan raihan 18,79 persen.

Menyusul Sandiaga Uno 16,34 persen, Prabowo Subianto 15,40 persen, Ganjar Pranowo 14,35 persen, Mahfud MD 9,92 persen, Anies Baswedan 6,07 persen, Moeldoko 4,20 persen, Ridwan Kamil 3,73 persen, Erick Thohir 3,38, Fadel Muhammad 3,15 persen, dan lainnya 4,67 persen.

"Masuk juga nama tokoh dari lokal. Ada Pak Fadel, Pak Rahmat Gobel Pak Sandiaga. Mereka kelahiran Gorontalo sehingga banyak dukungan," tambah Andi.

Baca juga : Nusantara Bersatu, Ribuan Relawan Jokowi Akan Penuhi GBK

Sementara itu, Penanggung Jawa Musra Indonesia Budi Arie Setiadi menambahkan, nama Airlangga berada di posisi pertama capres karena memang Gorontalo lumbung Partai Golkar.

"Gorontalo lumbung Partai Golkar ya, wajar Airlangga nomor pertama. Sejak dulu kan ini lumbung Beringin. Artinya kita benar-benar merekam secara jujur suara relawan dan rakyat di daerah," terang Budi Arie.

Budi mengaku, hasil Musra semakin ke sini semakin ditunggu-tunggu. Terutama oleh pelaku politik. Sebab, hasilnya bisa dijadikan perbandingan dan bahan pertimbangan bagi partai politik.

Untuk agenda Musra Indonesia berikutnya, pekan depan sementara ini tidak digelar. Karena berbarengan dengan acara pernikahan putra Jokowi, Kaesang Pangarep.

Baca juga : Mahfud Dominasi Bursa Capres-cawapres Relawan Jokowi

"Minggu depan off karena ada kawinannya Mas Kaesang. Bulan Desember ini akan ada agenda Musra ke-10 di Kupang, Musra ke-11 di Lampung, dan Musra ke-12 di Mamuju," tambahnya.

Sebelumnya di Musra ke-9 Gorontalo, Ketua YLBHI Gorontalo Lukman Ismail mengatakan, Indonesia perlu dipimpin orang yang memiliki kualitas yang luar biasa terhadap persoalan hukum dan keadilan. Sebab, masalah yang terjadi di Indonesia saat ini kurang lebih persoalan kemiskinan yang tidak lepas dari banyaknya kasus korupsi.

'Sosok yang cocok meneruskan kepemimpinan Jokowi sekiranya Mahfud MD. Sebab jika bicara dalam pendekatan hukum, sosok Mahfud adalah orang yang tegas terbukti melakukan berbagai terobosan kebuntuan hukum," tuturnya di arena Musra Gorontalo, akhir pekan lalu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.