Dark/Light Mode

Sama-sama Didukung Jokowi

Duet Prabowo-Ganjar Bisa Menang 1 Putaran

Kamis, 8 Desember 2022 08:00 WIB
Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bila Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Capres-Cawapres, diprediksi menang satu putaran di Pilpres 2024.

Hal ini terpotret dalam hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) terbaru, ihwal bursa Pilpres 2024. Salah satu temuan menariknya adalah, pendukung Jokowi di Pilpres 2019 dipre­diksi menginginkan Prabowo Subianto berduet dengan Ganjar Pranowo di pesta demokrasi mendatang.

Baca juga : Jokowi-Ganjar Mesra Banget

“Jika ini terjadi, gabungan dua tokoh yang konon sama-sama di-endorse Presiden Jokowi itu berpotensi memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja,” ujar Peneliti Senior LSJ, Iqbal Mawardi, saat launching survei secara daring, kemarin.

Iqbal menganalisa, jika negarawan senior yang berpengalaman sekelas Prabowo berpasangan dengan tokoh populis seperti Ganjar, maka potensi menang Pilpres 2024 terbuka lebar. Pun, Ketika Prabowo-Ganjar disimulasikan head to head, sulit dibendung pasangan manapun.

Baca juga : Relawan Pendukung Ganjar Bangun MCK Untuk Penyintas Gempa Cianjur

“Lebih dari itu, jika Pilpres cukup satu putaran saja, energi bangsa ini bisa lekas difokus­kan untuk mengatasi berbagai tantangan nasional maupun global yang diperkirakan bakal lebih pelik pasca 2024 nanti,” katanya.

Dijelaskan, analisa ini be­rangkat dari serangkaian per­tanyaan ihwal bursa Pilpres 2024. Mulai dari siapakah yang akan dipilih dari 10 nama to­koh yang telah ditetapkan LSJ. Hasilnya, Prabowo berada di puncak dengan elektabilitas sebesar 32,3 persen.

Baca juga : Didukung PAN Jadi Capres, Ganjar: Antarpartai Pasti Bicara, Ketum Yang Memutuskan

Diikuti Anies Baswedan dengan 20,7 persen, Ganjar Prabowo sebesar 19,8 persen, dan sisanya sebanyak 27,2 persen memilih tokoh lain dengan Sebagian dari mereka belum memiliki pilihan atau undecided.

Berangkat dari pertanyaan itu, LSJ melakukan analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui kemana pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 akan mengarahkan pilihannya pada Pilpres 2024 nanti. Hasilnya, se­banyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.