Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembangunan IKN Didukung Penuh

Jokowi Ucapkan Terima Kasih Kepada Suku Dayak

Selasa, 29 November 2022 14:45 WIB
Presiden Jokowi dalam kunjungan di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (28/11). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi dalam kunjungan di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (28/11). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan masyarakat Kalimantan, utamanya dari Suku Dayak, terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Karena kita akan membangun Ibu Kota Nusantara di Kalimantan, tentu saja dukungan dari masyarakat Dayak sangat dibutuhkan. Apakah Saudara betul-betul mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan?" tanya Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tarju Borneo BangkuleRajakng di Pontianak, Kalimantan Barat pada Selasa (28/11), disambut sorak setuju hadirin.

"Terima kasih. Saya senang sekali, karena tadi di depan saya tanyakan, Bapak-Ibu dari mana? Dari Sintang. Bapak-Ibu dari mana? Dari Melawi. Bapak-Ibu dari mana? Dari Badau. Dari mana? Nanga Badau. Dan dari sini kan tidak dekat, ada yang delapan jam, ada yang empat jam. Ada yang pagi-pagi tadi masih gelap, subuh, sudah sampai di sini, benar?" imbuhnya.

Jokowi bilang, hal itu menunjukkan bahwa masyarakat setempat memiliki semangat yang tinggi. 

Baca juga : Erick Anggap Kaesang Seperti Keponakan

Presiden ke-7 RI ini memaparkan, Indonesia memiliki keberagaman yang sangat banyak. Berbeda-beda. Sukunya saja 714 suku.

Ada Suku Dayak, ada Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Sasak, Suku Batak, dan selanjutnya sampai 714 suku.

Suku Dayak, sub sukunya juga banyak sekali.

"Saya nggak hafal semuanya. Karena ada 406 sub suku Dayak. Ada Dayak Iban, benar? Kalau keliru  tolong dibenarkan. Ada Dayak Kanayatn, ada Dayak Kayan, ada Dayak Lawangan, ada Dayak Kendayan, dan lain-lainnya. Artinya apa? Betapa negara kita ini negara yang sangat besar sekali. Itu yang sering kita tidak sadar," beber Jokowi.

Baca juga : Danone Dukung Pemenuhan Nutrisi dan Hidrasi Berkelanjutan

Terpenting, kata Jokowi, pemimpin Indonesia ke depan harus menyadari bahwa Indonesia ini beragam. Harus sadar mengenai keberagaman Indonesia yang berbeda-beda.

Karena sejatinya, keberagaman itu adalah kekayaan besar bangsa kita.

"Ini prinsip bagi pemimpin Indonesia. Siapa pun, sebagai negara besar, kita harus menyadari keberagaman itu " ujar Jokowi.

Dia mengingatkan, keberagaman, perbedaan itu adalah sebuah kekuatan. Bukan kelemahan, hati-hati. Perbedaan itu bukan memecah belah.

Baca juga : Ayo Gencarkan Terus Pake Kendaraan Listrik

Jangan sampai  karena kita berbeda suku, berbeda sub suku, menjadi kelihatan pecah belah. Justru karena berbeda-beda itulah, kita menjadi sebuah kekuatan besar.

"Saya sangat senang. Hari ini, saya melihat Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian mau merawat budaya kita. Mau merawat budaya Dayak. Jangan dilupakan mengenai budaya, mengenai kebudayaan, jangan dilupakan," tutur Jokowi.

"Kita harus bersama-sama merawat. Bersama-sama menjaga. Bersama-sama memelihara  agar budaya kita ini tetap terawat dengan baik. Setuju? Setuju? Setuju?" tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.