Dark/Light Mode

Sama-sama Didukung Jokowi

Duet Prabowo-Ganjar Bisa Menang 1 Putaran

Kamis, 8 Desember 2022 08:00 WIB
Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kemudian, sebanyak 32,4 persen mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan. Sisanya, 18,6 persen memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan.

“Data tersebut mengindikasi­kan, sinyal-sinyal endorsement dari Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto dalam ber­bagai kesempatan, nampaknya cukup efektif mempengaruhi para pendukungnya dalam me­nentukan pilihan jelang Pilpres 2024,” sebutnya.

Baca juga : Jokowi-Ganjar Mesra Banget

Kendati demikian, lanjutnya, bukan berarti para pendukung Jokowi mengabaikan Ganjar Pranowo. Setidaknya masih ada sekitar 32,4 persen pendukung Jokowi yang menjatuhkan pilihan pada Ganjar. Sedangkan, bagi para pendukung Jokowi yang bermigrasi ke Prabowo memandang Ganjar sebagai sosok potensial untuk menjadi cawapres mendampingi Menteri Pertahanan itu.

Ketika LSJ menanyakan ke­pada responden, seandainya Prabowo Subianto menjadi capres, siapakah yang paling cocok menjadi cawapresnya, sebanyak 26,5 persen menyebut nama Ganjar Pranowo. Nama lain yang juga disebut responden cocok mendampingi Prabowo adalah Ridwan Kamil (24,8 persen), dan Sandiaga Uno (20,6 persen). Sisanya (28,1 persen) menyebut nama lain seperti Erick Thohir, Agus Harimurty Yudhoyono (AHY), Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, serta sebagian dari mereka belum melihat ada tokoh yang cocok untuk menjadi cawapres Prabowo.

Baca juga : Relawan Pendukung Ganjar Bangun MCK Untuk Penyintas Gempa Cianjur

Selanjutnya, LSJ juga mem­buat simulasi head to head Prabowo-Ganjar versus Anies-AHY dan menanyakan kepada responden siapakah yang akan dipilih. Hasilnya, sebanyak 46,8 persen responden mengaku akan memilih Prabowo-Ganjar, lalu 31,2 persen menjatuhkan pilihan pada Anies-AHY, dan sekitar 22 persen belum bisa menentukan pilihan.

Sementara, ketika duet Prabowo-Ganjar diadu dengan Airlangga-Andika Perkasa, maka Prabowo-Ganjar menang telak dengan Raihan 62,9 persen. Sementara, Airlangga-Andika meraih 12,3 persen. Sisanya, sebesar 24,8 persen menyatakan belum menentukan pilihan.

Baca juga : Didukung PAN Jadi Capres, Ganjar: Antarpartai Pasti Bicara, Ketum Yang Memutuskan

Survei ini digelar medio 15-26 November di 34 provinsi tersebar di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah selu­ruh penduduk Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Total sampel, sebesar 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistate random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/-2,81 persen dan pada tingkat keper­cayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.