Dark/Light Mode

Menteri Luhut, Erick dan Bahlil Cek Lokasi Akad Nikah Kaesang-Erina

Jumat, 9 Desember 2022 20:47 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tadi sore tampak berkeliling di kompleks Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Rupanya, ketiganya mengecek lokasi akad nikah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono.

Hadir di kompleks Hotel Royal Ambarrukmo sekira pukul 16.30 WIB, mereka terlihat langsung melakukan pengecekan pendopo Agung Royal Ambarrukmo, yang akan dijadikan akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, besok, Sabtu (10/12).

Didampingi GM Hotel Royal Ambarrukmo, Herman Curbois, mereka mengecek secara seksama persiapan oleh pihak panitia dan hotel dari bagian depan pendopo.

Kemudian, mereka ke tengah pendopo juga ke bagian belakang pendopo atau yang kini dijadikan sebagai museum, serta di Bale Kambang yang dikelilingi kolam.

Baca juga : Presiden PKS Kemungkinan Bakal Absen Di Nikahan Kaesang, Ini Alasannya

Para pekerja tampak sibuk menghias aneka bunga bernuansa putih di berbagai sisi pendopo, saat ketiga menteri itu meninjau.

"Di sini sih saya rasa (sudah) 90 persen," ujar Menteri Erick, sambil menunjuk pendopo.

Erick bilang, peninjauan dilakukan lantaran lokasi akad nikah dianggap sebagai tempat yang sakral. Karena itu, perlu dipastikan kesiapannya.

"Tentu keluarga dari mempelai perempuan yang memang mempersiapkan ini. Jadi kami supporting," ungkapnya.

Selain di Pendopo Royal Ambarrukmo, Erick sebelumnya juga mengunjungi lokasi untuk acara ngunduh mantu yang akan berlangsung Minggu (11/12), di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga : Ngeri, Limbah Plastik Terbanyak Sedunia Tumplek Di Asia Tenggara

Menurut dia, persiapan di Solo lebih kompleks. Sebab, selain keluarga, juga akan dihadiri para tamu negara dengan jumlah yang lebih besar.

"Pejabat yang hadir saya rasa lebih banyak di Solo," ungkap Erick.

Untuk prosesi akad nikah Kaesang dan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo diperkirakan hanya dihadiri 150 undangan yang didominasi pihak keluarga.

"Mayoritas keluarga. Yang ini lebih hangat karena 'kan keluarga. Kalau tamu dari luar, kayaknya sedikit sekali di sini," tuturnya.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Sabtu (10/12).

Baca juga : Polda Metro Jaya Luncurkan Aplikasi Ada Polisi

Dalam prosesi itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah, sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi.

Setelah akad nikah, menurut Erick, malam harinya kedua mempelai akan langsung berangkat ke Solo untuk persiapan acara ngunduh mantu pada hari Minggu (11/12). "Rencana seperti itu," tandas Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.