Dark/Light Mode

Puncak Indonesia Makin Cakap Digital, Kemenkominfo Gelar Siberkreasi Netizen Fair 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 11:40 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi akan kembali menyelenggarakan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (10/12) mulai pukul 13.00 WIB.

Kegiatan tersebut merupakan puncak selebrasi kegiatan literasi digital yang meliputi talkshow, workshop, dan hiburan untuk seluruh warganet Indonesia.

Gelaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan digital masyarakat serta mendorong kolaborasi multistakeholders untuk literasi digital dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggungjawab dalam memanfaatkan ruang digital.

Baca juga : Tuan Guru Di Sumut Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

SNF pertama kali diadakan pada tahun 2017 dengan serangkaian kegiatan yang dihadiri oleh 10.000 orang. SNF pada tahun-tahun berikutnya selalu rutin diadakan dan diikuti oleh para peserta yang sangat antusias dan kolaborasi dari para jejaring Siberkreasi.

Tahun ini, SNF akan dilaksanakan secara hybrid dengan target offline sebanyak 1.000 peserta dan dihadiri secara online oleh 50.000 peserta.

Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan berupa pemberian materi, yaitu talkshow Obral-Obrol liTerasi Digital (OOTD) dan kelas workshop tematic.

Baca juga : Apresiasi Mitra Outlet, Mobil Lubricants Gelar Super Contest 2022

Sesi OOTD di panggung utama akan membahas mengenai pemanfaatan ruang digital yang inklusif, etis, dan aman. Sesi ini akan dibawakan oleh pemateri yang berasal dari berbagai kalangan, di antaranya adalah Nicholas Saputra, Nadia Mulya, Yosi Mokalu, dan lain sebagainya.

Kelas workshop akan mencakup materi hands on mengenai kreasi konten, digital networking, dunia game online, dan podcast yang dibawakan oleh para praktisi teknologi digital.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat menjadi lebih cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan ruang digital.

Baca juga : Siap-siap, Daihatsu Indonesia Master Bakal Digelar Januari 2023

Selain itu, hiburan di panggung utama akan dimeriahkan oleh Ndarboy Genk dengan music performance dan membawakan lagu-lagu populer di kalangan masyarakat, serta games interaktif berhadiah menarik. Untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat mendaftarkan diri melalui tautan https://s.id/daftarsnf2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.