Dewan Pers

Dark/Light Mode

Webinar Literasi Digital Kominfo

Ini Tips Hasilkan Cuan Dari Hobi

Jumat, 18 November 2022 21:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di era serba canggih seperti sekarang, peluang mendapatkan uang makin terbuka. Jika ditekuni dengan baik, hobi bisa menghasilkan cuan.

Relawan TIK Karawang, Haryanto mengatakan, kaum milenial sekarang ini amat akrab dengan perangkat digital berikut ragam platform yang ada.

Perangkat dan platform tersebut kerap dijadikan penyaluran hobi, seperti menulis, fotografi, desain visual, sinematografi, maupun komunikasi.

"Semua hobi tersebut merupakan bahan untuk memproduksi konten pemasaran digital yang berpotensi menghasilkan uang," ujarnya dalam webinar bertema Hobi + Teknologi = Rupiah, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, dikutip Jumat (18/11).

Berita Terkait : Gelar Pelatihan Digital, Sandination Cianjur Pastikan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Beruntungnya, ragam platform yang mendukung hobi tersebut bisa diperoleh dengan gratis tanpa harus membayar. Haryanto mencontohkan platform blogger.com bagi yang memiliki minat atau hobi tulis-menulis.

Untuk komunikasi, misalnya, ada platform YouTube, podcast, maupun TikTok. Adapun yang memiliki hobi fotografi dapat memanfaatkan platform Instagram maupun Pinterest.

“Untuk memantapkan agar hobi bisa menghasilkan uang, yang pertama sekali diperlukan adalah niat dan usaha yang konsisten. Soal ide, bisa dicari dengan keseharian yang dekat dengan diri sendiri. Bisa juga ide dicari dari mesin pencari Google atau di media sosial,” ucap Haryanto.

Namun, lanjut Haryanto, keterampilan menggunakan platform tetap harus diasah terus-menerus. Platform yang dipilih juga harus sesuai dengan bakat serta hobi yang ditekuni. Begitu pula dengan keterampilan bidang literasi digital harus diperdalam.

Berita Terkait : Jual Produk Serupa Tapi Tak Sama

“Literasi digital, khususnya mengenai kecakapan digital, harus terus diperkaya agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman dan agar keterampilan yang berpotensi menghasilkan pemasukan tetap terjaga,” bebernya. 

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas dr Soetomo, Yuli Zulaikha menilai, generasi muda sekarang atau gen Z memiliki naluri bisnis yang tinggi dan amat akrab dengan penggunaan teknologi digital.

Hal yang memotivasi gen Z dalam bekerja, antara lain uang dan kenyamanan suasana kerja. Adapun ragam jenis hobi gen Z adalah bermain gim, bepergian, mengikuti perkembangan media sosial, bermain musik, fotografi, dan videografi.

“Tak hanya untuk melepas penat, hobi juga bisa meningkatkan kemampuan kreatif seseorang yang apabila ditekuni bisa memberikan sumber pemasukan baru,” ucap Yuli.

Berita Terkait : Sempat Diragukan, KTT G20 Bali Sukses Hasilkan Leaders’ Declaration

Sementara itu, dalam pemanfaatan hobi menggunakan ruang digital, menurut Dosen Politeknik Negeri Samarinda, Almasari Aksenta tetap harus menegakkan etika digital.

Contohnya adalah konten yang dibuat sebaiknya tidak melanggar norma kesusilaan dan hukum. Konten sebaiknya inspiratif, informatif, dan menghibur.

"Jangan lupa untuk senantiasa menghargai karya cipta orang lain di ruang digital,” tukasnya. ■