Dark/Light Mode

Hadirkan Produk Untuk Mancanegara

UKM Sahabat Sandi Matangkan Pelatihan Untuk Pelaku UMKM Batam

Minggu, 11 Desember 2022 12:22 WIB
Guna mewadahi para pelaku usaha untuk memasarkan produk sekaligus meningkatkan daya saing UMKM di ranah Internasional, UKM Sahabat Sandi Batam menggelar pelatihan Digital Marketing di Ruko Golden Egg Blok A Batam Center, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (10/12). (Foto: Ist)
Guna mewadahi para pelaku usaha untuk memasarkan produk sekaligus meningkatkan daya saing UMKM di ranah Internasional, UKM Sahabat Sandi Batam menggelar pelatihan Digital Marketing di Ruko Golden Egg Blok A Batam Center, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (10/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna mewadahi para pelaku usaha untuk memasarkan produk sekaligus meningkatkan daya saing UMKM di ranah Internasional, UKM Sahabat Sandi Batam menggelar pelatihan Digital Marketing di Ruko Golden Egg Blok A Batam Center, Batam, Kepulauan Riau. 

"Kami melakukan pelatihan mentoring kepada pelaku UMKM khususnya di Batam. Kami latih untuk belajar Canva agar mereka bisa membranding produk mereka, kita juga latih public speaking untuk menarik pelanggan, dan kemarin kita pelatihan foto produk hingga pngembangan diri," kata Ilyas Karta, Ketua UKM Sahabat Sandi Batam, Sabtu (10/12). 

Baca juga : Satkar Ulama Siap Menangkan Airlangga Dan Kuningkan Jakarta

Dalam pelatihan, Ilyas juga mengungkapkan timnya terus membantu UMKM dalam hal mempercantik packaging hingga perizinan agar produk mereka bisa Go Internasional. Ilyas bercerita, sebelumnya ia telah membuka bazar produk Aku Cinta Indonesia di Singapura, dengan begitu ia akan terus merangkul UMKM lokal agar produknya bisa dikenal di negara lain. 

"Kami bantu dalam hal packaging supaya menarik dan seluruh perizinannya sudah lengkap, Allhamdulillah sudah masuk Singapura dan Malaysia. Kami juga pernah buka bazar produk Aku Cinta Indonesia di Singapura. Semua produk disini sudah siap untuk Go Internasional," kata Ilyas. 

Baca juga : UKM Sahabat Sandi Stabilkan Harga Pangan Bagi Masyarakat Tasikmalaya

Ilyas mengharapkan dari berbagai program yang telah dijalankan untuk UMKM, pemasaran produk - produk lokal bisa lebih meluas baik domestik maupun luar negeri. 

"Harapan kami ingin pemasaran mereka lebih luas baik pemasaran domestik atau kita bisa dapat akses pasar luar negeri. Harapan kita para pelaku UMKM nantinya tidak memikirkan lagi mau jual kemana karena pasarnya sudah kita ciptakan," ungkap Ilyas. 

Baca juga : UKM Sahabat Sandi Gelar Sembako Murah Di Aceh

Salah satu peserta pelatihan Yuyun Arisandi mengungkapkan, pelatihan Digital Marketing sangat penting sebab, dirinya diajarkan untuk menaik kelaskan UMKM hingga omzet. Ia juga ingin produk khas Indonesia dapat dirasakan oleh negara lain. 

"Pelatihan ini yang paling penting itu improve untuk menaikan kelas UMKM, jadi dengan ilmu yang diajarkan kita tau gimana membranding produk keluar, dan meningkatkan omzet. Semoga Singapura dan Malaysia juga bisa merasakan cita rasa Indonesia," kata Yuyun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.