Dark/Light Mode

Raih Simpati Raja Se-Nusantara

Ganjar Tinggal Tunggu Tiket Dari Banteng Nih

Senin, 12 Desember 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Diketahui, ratusan spanduk dukungan untuk Ganjar juga terpampang di sepanjang jalan Yogyakarta-Surakarta. Tepatnya di sepanjang Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjelang acara pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono akhir pekan lalu.

Di saat bersamaan, Ganjar juga mendapat dukungan saat menghadiri Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) II oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) yang digelar Pelataran Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Jumat (9/12) malam. Hadir 264 perwakilan kerajaan dan lembaga adat seluruh Nusantara.

Direktur Lembaga Survei Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo mengatakan, kegiatan konsolidasi budaya semacam ini, selain menegaskan positioning Ganjar dalam peta Pilpres 2024 sebagai kandidat kuat, juga akan terbangun citra Ganjar sosok yang me-Nusanta­ra dan paling nasionalis.

Baca juga : Usai Satukan Raja Se-Nusantara Di Borobudur, Ganjar Suguhkan Pawai Budaya Kerajaan Ke Masyarakat

Apalagi, isu Jawa dan non Jawa masih menjadi salah satu wacana politik dominan. Juga sebagai variabel yang menen­tukan narasi besar pertarungan dalam Pilpres.

“Dengan konsolidasi sema­cam ini, sangat bagus buat Ganjar agar terpersepsikan diterima semua etnis serta suku di Indonesia,” kata Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Soal keuntungan elektoral pada Pilpres, Rio menyakini, jika para raja tersebut diorganisir maka akan jadi kekuatan politik di lapangan yang kuat.

Baca juga : Jadi Primadona Investasi, Ganjar Ungkap 97 Pabrik Relokasi Ke Jateng

“Kalau dibiayai dan digerak­kan, akan jadi vote getter yang masif. Tetapi jika tidak dikapi­talisasi, dampaknya tak akan terasa. Para raja ini harus aktif mengkampanyekan Ganjar di daerahnya,” tandasnya.

Ganjar mengapresiasi helatan FABN II oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra). Apalagi digelar deklarasi komitmen raja Nusantara untuk tetap memper­tahankan NKRI yang berdasar Pancasila.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengajak kerajaan Nusantara melestarikan budaya dengan mendata dan bekerja sama dengan perguruan tinggi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.