Dark/Light Mode

Rektor IPMI: Pendidik Harus Mampu Hasilkan Generasi Proaktif

Senin, 12 Desember 2022 12:23 WIB
Rektor IPMI International Business School Prof. M. Aman Wirakartakusumah. (Foto: Ist)
Rektor IPMI International Business School Prof. M. Aman Wirakartakusumah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendidik di kampus bisnis harus mampu mendampingi, membimbing, dan mengevaluasi seluruh proses perjalanan akademik mahasiswa sehingga dapat menghasilkan generasi yang proaktif, punya visi ke depan, dan kreatif terhadap tantangan bisnis masa depan.

Hal itu dikatakan Rektor IPMI International Business School Prof. M. Aman Wirakartakusumah dalam 5th International CEO Congress yang diikuti 429 akademisi dari 34 negara di dunia pada akhir pekan lalu. Forum tersebut membahas peningkatan kualitas akademik serta pertukaran informasi tentang persoalan ekonomi, sosial, dan budaya yang sedang dihadapi dunia.

Baca juga : Kasus Formula E Jalan Di Tempat

"Keberhasilan sistem pendidikan di dunia perguruan tinggi kuncinya ada di keteladanan dan karakter dari pendidik. Forum CEO Congress ini menjadi bukti nyata bahwa para pendidik dari berbagai penjuru dunia tak hanya mampu memberikan pelajaran, tetapi juga bisa menghasilkan penelitian ilmiah yang dapat bermanfaat bagi civitas academica," kata Prof Aman, Senin (12/12).

Lebih lanjut, Prof Aman mengatakan, kemajuan ilmu bisnis yang pesat menuntut perlunya inovasi pembelajaran mahasiswa yang sesuai dengan tuntutan abad ke-21 dengan bercirikan kreatif, inovatif, dan adaptif. Saat ini, IPMI mendorong para mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan ekosistem bisnis yang mampu mengatasi persoalan perubahan iklim global sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga : Redam Trauma Gempa, Masjid Darurat Khadimul Ummah Cianjur Beroperasi

Ditambahkannya, IPMI tengah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk merancang strategi peningkatan komoditas unggulan berbasis agroforestri. Ini sebagai bentuk dukungan terhadap ekosistem bisnis hijau yang dapat mengurangi dampak pemanasan global.

"Selain itu, kampus IPMI juga bekerjasama dengan Plan International Indonesia dalam mendidik SDM perempuan yang tangguh dalam berbisnis. Ini merupakan bentuk perwujudan kesetaraan gender dan pendidikan berkualitas inklusif di Indonesia," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.