Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sudirman Said: Pemilu Adalah Pintu Masuk Bagi Percepatan Pembangunan

Jumat, 9 Desember 2022 21:19 WIB
Sudirman Said. (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Sudirman Said. (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) menyebut, Pemilu bisa jadi pintu masuk percepatan pembangunan. Rotasi kepemimpinan selalu membawa ide segar yang berpotensi melakukan lompatan dalam membangun negara.

"Sejarah kita, dan sejarah bangsa-bangsa di dunia banyak memberi pelajaran hadirnya pemimpin baru melalui proses politik yang sehat bernama Pemilihan Umum adalah ruang bagi penyegaran gagasan dan program-program baru," ujar Sudirman, Sabtu (9/12).

Baca juga : Bawaslu Daerah Jangan Lengah

Perjalanan suatu bangsa akan selalu menemui tantangan baru, dari masa ke masa. Menurutnya, sejak Presiden pertama, kedua, dan seterusnya sampai ketujuh, kita dihadapkan dengan berbagai tantangan.

Para Presiden dari waktu ke waktu, menurut eks menteri ESDM ini, telah menampilkan upaya terbaiknya dalam menghadapi tantangan itu.

Baca juga : Habib Syakur Minta Pemerintah Tuntaskan Tragedi Kanjuruhan

"Mengapa Pemilu bisa menjadi jalan bagi percepatan pembangunan? Karena setiap pemerintahan baru pasti ingin membuktikan bahwa program dan gagasannya akan mampu memberikan perbaikan," bebernya.

"Menunda pemilu sama saja membuang kesempatan untuk melakukan penyegaran dan menghadirkan gagasan terobosan baru," sambung Sudirman, sekaligus menutup. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.