Dark/Light Mode

Maritime Awards Bakal Diisi Orasi Sri Sultan HB X Dan Habib Luthfi

Rabu, 14 Desember 2022 11:55 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X dan ulama Habib Muhammad Luthfi bin Yahya akan menyampaikan orasi kebangsaan terkait kedaulatan maritim Indonesia dalam acara penganugerahan Maritime Awards 2022, pada 6 Februari 2023.

Menurut rencana, acara ini akan digelar pada Jumat (16/12). Namun, karena Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono akan menjabat Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa, penganugerahan diundur.

"Hal ini terjadi karena adanya pergantian Panglima TNI di mana KSAL Laksamana Yudo Margono ditunjuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa dan padatnya operasi alutsista kapal perang di akhir tahun 2022," ungkap Ketua Pelaksana International Sea Port Exhibition and Conference (ISPEC) dan Maritime Awards Fajar Bagoes Putranto, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (14/12).

Baca juga : Anak Di Bawah 6 Tahun Bakal Divaksin Pake Sinovac Dan Pfizer

Fajar mengatakan, Sri Sultan HB X dan Yudo akan menerima penghargaan Maritim Awards 2022. Sedangkan Habib Luthfi akan membuka rangkaian acara Penganugerahan Maritim Awards 2022.

"Saya sudah melakukan komunikasi secara langsung dengan Habib Luthfi di kediamannya di Pekalongan pada 2 Desember 2022 lalu. Kami, panitia pelaksana Maritime Awards 2022, mengundang Habib Luthfi guna membuka rangkaian Maritime Awards," terang dia.

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya telah meminta saran dan arahan kepada Habib Luthfi terkait acara Maritime Awards 2022.

Baca juga : Zulhas: Harga Mie Instan Tak Akan Naik 3 Kali Lipat

Fajar mengatakan, Habib Lutfhi menyarankan acara ini dilaksanakan di pada 15 Rajab yang jatuh pada 6 Februari 2023.

Atas saran tersebut, panitia pelaksana kemudian bersurat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Yudo, dan Wakil KSAL Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono.

"Untuk meminta kembali penyelenggaraan rangkaian acara Maritime Awards 2022 dan orasi kebangsaan dapat dilaksanakan di kapal perang TNI AL yang sebelumnya sudah dimintakan izin," ungkap Fajar.

Baca juga : Sri Sultan HB X Diganjar Order of The Rising Sun

Fajar menjelaskan, Sri Sultan HB X dan Habib Luthfi masih memiliki pertalian sejarah dan kekerabatan. Ia menyebut, Habib Luthfi masih kerabat Keraton Yogyakarta karena dia merupakan cucu dari As-Sayyid Al-Habib Hassan bin Thoha bin Yahya atau Habib Hassan.

Dia merupakan salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia, yang tak lain adalah menantu Sri Sultan Hamengkubuwono II. Karena itulah, ia mendapatkan gelar Raden Tumenggung Sumodiningrat dan kerap disebut Syekh Kramat Jati.

"Habib Hassan juga mendapat julukan Singo Barong lantaran sifat garangnya yang ditakuti penjajah Belanda kala itu," ungkap Fajar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.