Dark/Light Mode

Mahar Pernikahan Kaesang Unik

Kalau Bukan Anak Presiden, Nggak Bakal Bisa Begitu

Minggu, 18 Desember 2022 09:05 WIB
Mahar Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada emas batangan hingga uang rupiah. (Tangkapan Layar/Youtube Presiden Joko Widodo)
Mahar Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada emas batangan hingga uang rupiah. (Tangkapan Layar/Youtube Presiden Joko Widodo)

 Sebelumnya 
“Tidak mungkin nyomot begitu saja. Jadi pengorbanan yang luar biasa,” imbuh @Sloan_Ritonga. “Bagi yang paham dan berkecimpung lama di dunia moneter & perbankan, pasti tahu ba­gaimana nomor seri itu muncul,” kata @ Adimas_dimas.

Menurut @DjokoRetnadi, karena hajatan Kaesang-Erina tidak terima sumbangan, maka BI hanya bisa beri su­venir unik yang harganya tidak seberapa. Apalagi, kata dia, suvenir ini tidak akan mengganggu jumlah uang beredar di masyarakat.

“Kalau bukan anak Presiden, nggak usah ikut ikutan buat mahar unik,” saut @Machiavelli.

Baca juga : Ganjar Presiden 2024 Panen Dukungan 1.000 Santri Di Kota Kembang

Namun, @Ann_AnnieRid menilai BI yang mencetak uang seri khusus untuk mahar pernikahan Kaesang-Erina berlebihan. Kata @Rahmat_Santana, hal ini informasi dan pengetahuan yang bagus buat seluruh rakyat Indonesia.

“Yang ingin mahar cantik dan unik, silakan bila berminat hubungi BI setem­pat,” kata @Rahmat_Santana.

Menurut @AnthonyBudiawan, tiga nomor seri tersebut (terdiri dari inisial dan tanggal tertentu) bisa kebetulan co­cok dengan nomor seri uang yang sudah dicetak, maka BI dalam masalah besar. Kata dia, indikasi algoritme pemberian nomor seri tidak berfungsi baik, sehingga mudah dipalsukan.

Baca juga : Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina Nggak Kalah Seru Dengan KTT G20 Bali

“Berarti ada uang yang beredar di masyarakat dengan nomor seri sama, yaitu KSP 251295 dst dan KSE 10122023,” sambung @kri_tik_us.

Akun @PrimaVhardana berharap, apabila Kaesang yang warga sipil bisa mendapat nomor seri rupiah secara khusus untuk mahar pernikahan, maka BI juga harus bersikap sama terhadap rakyat Indonesia lainnya yang punya kepentingan sama.

Sementara, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono membantah uang yang digunakan untuk mahar pernikahan Kaesang dan Erina dicetak khusus untuk keduanya. Kata dia, BI tidak secara khusus melakukan pencetakan uang yang menjadi mahar pernikahan tersebut.

Baca juga : Erick Thohir Jadikan Momentum Pernikahan Kaesang-Erina Ajang Bumikan Adat Nusantara

Erwin menjelaskan, dalam pelaksanaan pencetakan dan pemberian nomor seri uang rupiah kertas, BI menerapkan pola kombinasi berurutan (aritmetik) mengi­kuti urutan huruf dan angka sedemikian, sehingga tidak terdapat nomor seri ganda pada uang rupiah yang dicetak Bank Indonesia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.