Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pimpin TNI, Ini Pesan Jokowi Kepada Yugo Margono Hadapi Pemilu 2024

Senin, 19 Desember 2022 20:26 WIB
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta. Senin (19/12), (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta. Senin (19/12), (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono diminta untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta persatuan dan kesatuan Indonesia.

Pesan itu disampaikan Presiden Jokowi usai melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

“Saya sudah pesan ke Panglima TNI, yang pertama menjaga kedaulatan NKRI dan kedua menjaga kesatuan dan persatuan kita,” ujar Presiden.

Baca juga : Dilantik Jokowi, Yudo Margono Resmi Jadi Panglima TNI

Selain itu, Jokowi juga menitipkan pesan kepada Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI agar kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang saat ini sudah tinggi dapat terus dipertahankan.

“Kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang ini sudah paling tinggi, kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan,” katanya.

Terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang akan berlangsung dalam waktu dekat, Presiden menegaskan, pentingnya TNI untuk tetap menjaga netralitas sehingga tidak terjerumus ke dalam politik praktis. 

Baca juga : Presiden Berikan Empat Arahan Ke Bawaslu Hadapi Pemilu 2024

Selain itu, Presiden menekankan agar TNI dengan Polri terus meningkatkan kesinergian dalam rangka menjaga situasi kondusif di dalam negeri.

“Stabilitas politik, stabilitas keamanan itu penting dalam rangka pembangunan negara kita, dalam rangka pertumbuhan ekonomi kita dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global,” tuturnya.

Kemudian terkait konflik di Papua, Presiden menekankan, pentingnya pendekatan humanis yang disertai dengan ketegasan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan di Papua, utamanya yang berkaitan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Baca juga : Bawaslu Ingatkan 5 Isu Strategis Kerawanan Pemilu 2024

“Karena kalau kita tidak tegas, di sana KKB selalu berbuat seperti itu ya enggak akan selesai-selesai masalahnya,”tukasnya.

Sementara Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, bahwa dirinya akan segera menjalankan sejumlah tugas yang telah diamanatkan Presiden Jokowi kepada dirinya.

“Tugas pertama menjaga kedaulatan, menjaga persatuan kesatuan, menjaga mempertahankan citra TNI yang menjadi kepercayaan masyarakat. Tentunya itu akan menjadi prioritas saya,” ucap Yudo.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.