Dark/Light Mode

Nyatakan Siap Nyapres

Sandiaga Makin Berani Ngelangkahi Prabowo

Selasa, 20 Desember 2022 06:40 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di acara internal PPP di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/12). (Foto: Dokumentasi PPP)
Menparekraf Sandiaga Uno di acara internal PPP di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/12). (Foto: Dokumentasi PPP)

 Sebelumnya 
Untuk diketahui, pernyataan Sandi soal siap nyapres bukanlah kali pertama. Sudah berkali-kali eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengutarakan niatnya untuk kembali bertarung di Pilpres 2024. Manuver Sandi itu tentu saja membuat sejumlah kader Gerindra berang. Karena Gerindra sudah jauh-jauh hari menyatakan akan kembali mengusung Prabowo sebagai capres di Pemilu 2024.

Berbagai kritikan dan sindiran disampaikan sejumlah kader Gerindra kepada Sandi. Bahkan sampai ada kader yang memintanya untuk hengkang saja dari Gerindra bila tetap berambisi ingin nyapres.

Baca juga : Sandi Siap Maju Pilpres 2024, Posisinya? Terserah Partai...

Kemarin, salah satu menteri terkaya ini mengaku tidak khawatir didepak dari Gerindra akibat pernyataannya itu. Sandi mengaku sudah berkoordinasi dengan Prabowo. “Saya terus berkoordinasi dengan Pak Prabowo,” tururnya di kawasan Istana Negara, kemarin.

Ia menyampaikan bahwa, pihaknya terus bergerak melakukan pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif. Termasuk menyerap aspirasi masyarakat. “Banyak masyarakat menyampaikan aspirasi dan sebagainya kami terus bergerak,” lanjutnya.

Baca juga : Mampu Tingkatkan Ekonomi, Airlangga Berpeluang Jadi Suksesor Jokowi

Pakar komunikasi politil Anthony Leong menilai pernyataan Sandi terkait kesiapan maju di Pilpres 2024 adalah hal wajar. Karena di berbagai survei, nama Sandi memang kerap muncul di deretan atas elektabilitas capres dan cawapres beberapa lembaga survei.

“Lagi pula ini kan memang kondisinya masih jauh, kalau kita lihat Pilpres 2019, itu penentukan hasil akhirnya h-1 minggu. Jadi setiap orang masih punya ksmpatan utk jadi capres dan cawapres,” kata Anthony tadi malam.

Baca juga : Elektabilitas Cawapres Tinggi, Menteri Erick Berpotensi Dipinang Capres Populer

Sehingga, Gerindra nilainya juga tidak berkepentingan menghalang-halangi Sandi maju. Sebab bisa jadi di ujung nanti, Sandi bersanding atau bertanding dengan jagoan Gerindra yakni Prabowo.

“Dinamikanya masih cair, kita harapkan semua yang terbaik. Kalau bisa lebih dari dua calon,” pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.