Dark/Light Mode

Simulasi Pasangan Capres-Cawapres Versi Charta Politika

Ganjar-Prabowo Potensi Menang 1 Putaran

Kamis, 22 Desember 2022 15:34 WIB
Infografis simulasi pasangan Capres-Cawapres. (Foto: Ist)
Infografis simulasi pasangan Capres-Cawapres. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Charta Politika memperlihatkan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto berpotensi unggul jika berduet sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024.

Dari simulasi sejumlah nama yang disandingkan dengan nama lainnya, pasangan Ganjar-Prabowo paling banyak dipilih oleh responden. 

Ganjar-Prabowo memperoleh angka 45,3 persen dalam survei yang dirilis pada Kamis (22/12). Angka ini menunjukkan pasangan Ganjar-Prabowo berpotensi menang satu putaran dalam pilpres.

Baca juga : Charta Politika: Duet Ganjar-Prabowo Bisa Menang Pilpres Satu Putaran

"Ada kecenderungan apabila Ganjar Pranowo bersanding dengan Prabowo Subianto, mereka berpotensi menang satu putaran. Apakah ini akan terjadi? Saya pikir butuh analis lebih mendalam secara politik terkait," kata Yunarto Wijaya.

"Apakah ini mungkin terjadi? Saya pikir mungkin butuh analis lebih mendalam secara politik terkait dengan berbagai kepentingan partai masing-masing capres dan tentu saja ego terkait dengan masing-masing pemilih partai," jelas Yunarto.

Survei yang sama juga memperlihatkan elektabilitas masing-masing tokoh. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul dengan 37,0 persen.

Baca juga : Elektabilitas Cawapres Tinggi, Menteri Erick Berpotensi Dipinang Capres Populer

Di urutan kedua ada Anies Baswedan dengan elektabilitas 29,2 persen. Sementara, Prabowo di urutan ketiga dengan tingkat elektoral 26,1 persen.

Untuk diketahui, survei Charta Politika ini diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka, dan sebaran responden mencapai 34 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Ganjar Banjir Dukungan Di Dalam Dan Luar Negeri

Dengan metode sampling menggunakan multistage random sampling, survei ini melibatkan 1.220 responden. Sementara, margin of error dengan ukuran sampel tersebut adalah sebesar 2,82 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.