Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Haul ke-13 Gus Dur

Himpunan Santri Selipkan Doa Agar Ganjar Jadi Presiden 2024

Jumat, 23 Desember 2022 21:30 WIB
Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menggelar Tahlil Akbar dalam rangka Haul ke-13, K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. Hisnu juga menggelar Gema Sholawat dan doa untuk kebaikan Bangsa Indonesia, Jumat (23/12). (Foto: Ist)
Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menggelar Tahlil Akbar dalam rangka Haul ke-13, K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. Hisnu juga menggelar Gema Sholawat dan doa untuk kebaikan Bangsa Indonesia, Jumat (23/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menggelar Tahlil Akbar dalam rangka Haul ke-13, K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. Hisnu juga menggelar Gema Sholawat dan doa untuk kebaikan Bangsa Indonesia. 

Koordinator Nasional HISNU, Gus Yusub Hidayat mengungkapkan, haul ini digelar karena santri punya kewajiban untuk meneladani perjuangan Gus Dur sebagai ulama yang menyebarkan Islam dengan cinta damai, serta pengabdiannya bangsa dan negara Indonesia.

“Perjuangannya adalah bagaimana kita cinta kepada semua orang, sehingga semua itu didasari atas ibadah sosial,” kata Yusub dalam keterangannya, Jumat (23/12).

Baca juga : Tuan Guru Di Kota Tebing Tinggi Sosialisaikan Ganjar Presiden 2024

Dalam doa mereka juga terselip permohonan agar Indonesia diberi pemimpin yang baik, cinta rakyat, nasionalis, religius, menjunjung tinggi toleransi, mengusung moderasi beragama dan peduli pada kalangan pesantren. Menurut HISNU, sosok pemimpin itu ialah Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi gubernur Jawa Tengah (Jateng). 

"Kita berdoa semoga Indonesia berikan keselamatan dan semakin maju. Kita juga berdoa agar Indonesia dipimpin oleh Pak Ganjar Pranowo, karena menurut kami Pak Ganjar yang pantas untuk Presiden 2024," tegas Yusub. 

Menurut dia, HISNU juga selalu mensosialisasikan figur dan program kerja Ganjar. Menurutnya, HISNU dalam program kerjanya tidak hanya memberi bantuan pada masyarakat hingga menyantuni anak yatim, tapi juga meneladani kiai, diantaranya dengan menggelar Haul Gus Dur.

Baca juga : Kepala BNPT Hadiri Pengukuhan Sahabat Saksi Dan Korban Angkatan 1 Tahun 2022

“Kita ingin meneladani beliau (Gus Dur), bagaimana terus berjuang. Kalau bahasanya Pak Ganjar ketika ziarah ke Makam Gus Dur, bahwa Gus Dur adalah pahlawan kemanusiaan,” katanya.

Kiai Zainul menambahkan, Haul Gus Dur ini sekaligus mencari berkah dari kiai yang praktik dan keilmuan dalam bidang keislaman serta keindonesiaannya, telah diakui banyak kalangan.  

“Haul ini untuk ngalap berkah. Selain itu, kita semua hadir di sini adalah bagian dari untuk merangkai, mendoakan Pak Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden RI di 2024,” ujar Zainul.

Baca juga : Charta: Pemilih PDIP, Golkar Dan PPP Dominan Dukung Ganjar Presiden

Kegiatan ini dihadiri perwakilan HISNU se-Kecamatan Nganjuk, Pengasuh Ponpes Mamba’ul Huda, KH Muhammad Zainul Waroh, serta masyarakat sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.