Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong UMKM Naik Kelas

Sandiaga Dan Foodspace Sediakan Cloud Kitchen Hybrid Pertama Di Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022 06:24 WIB
Sandiaga menyerahkan program Banper (Bantuan Pemerintah) yang ditujukan langsung kepada para pelaku UMKM, di Foodspace.id Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (28/12). (Foto: Ist)
Sandiaga menyerahkan program Banper (Bantuan Pemerintah) yang ditujukan langsung kepada para pelaku UMKM, di Foodspace.id Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (28/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkolaborasi bersama Smesfood dan Foodspace menyediakan Cloud Kitchen Hybrid pertama di Indonesia untuk UMKM naik kelas. 

Selain itu, Sandiaga juga menyerahkan program Banper (Bantuan Pemerintah) yang ditujukan langsung kepada para pelaku UMKM, di Foodspace.id Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Cloud Kitchen Hybrid sendiri merupakan jenis dapur dari perpaduan antara take out restoran dan cloud kitchen. Proses pengiriman makanan bisa dilakukan melalui aplikasi. 

Baca juga : Kolaborasi dan Sinergi, Kunci Bangun Budaya Literasi di Indonesia

Sementara itu, Smesfood merupakan program yang digunakan untuk mengelola UMKM agar naik kelas. Dari program Smesfood tersebut diyakini dapat menaikan omzet para UMKM, pasalnya produk UMKM yang telah tergabung dalam program Smesfood sudah di cover mulai dari market place hingga pemasaran. 
 
"Kami melihat ini inovasi yang luar biasa dari Smesfood dan juga Foodspace. Kami dari pemerintah melihat potensi kolaborasi dan meluncurkan program Banper yang langsung ditujukan untuk pelaku UMKM," kata Sandiaga, Rabu, (28/12)

"Saya berharap ini akan mengangkat omzet dengan digitalisasi dan bisa meningkatkan jumlah lapangan kerja dan mensejahterakan usahanya sehingga menambah geliat ekonomi khususnya para pelaku UMKM ini," lanjut Sandiaga. 

Sandiaga berkeinginan para UMKM yang belum memiliki tempat produksi dapat bergabung di Smesfood. Dengan begitu akan terciptanya potensi besar untuk para UMKM agar naik kelas. 

Baca juga : Hajatan Presidensi G20 Indonesia Luar Biasa!

"Bahwa dengan proses kurasi hingga promosi dan dibantu juga untuk digitalisasinya, maka peningkatannya itu 70% yang nanti akan dibantu untuk promosikan sehingga meningkat cukup signifikan, ini yang kita harapkan para pelaku UMKM semua bergabung mengikuti program on boarding digitalisasi yang kita kolaborasikan," kata Sandiaga. 

CEO Smeshub Lutpi Ginanjar mengharapkan, dengan dilaunchingkannya program Smesfood akan lebih banyak UMKM yang terbantukan. Dari program itu juga maka lapangan pekerjaan akan lebih berkembang, sebab sektor UMKM yang paling banyak di Indonesia adalah kuliner. 

"Harapannya tentu kita bisa membantu banyak UMKM kuliner khususnya di Indonesia, kita tahu bahwa 60% itu dari kuliner UMKM kita sehingga itu salah satu bukti bahwa ingin membuat ekosistem untuk naik kelas. Dari Smesfood kita berharap bisa mengembangkan lapangan pekerjaan yang lebih besar," ungkap Lutpi.

Baca juga : Erick: Kita Optimalkan Kereta Cepat Pertama di Indonesia

Pada launching tersebut juga dihadiri oleh Selebgram Edhozel, F&B Idea Expert Valentino Ivan, dan pelaku UMKM "Satoe Cendol" Dewi Subarsih yang telah berkolaborasi di Smesfood.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.