Dark/Light Mode

Polri Catat Volume Kendaraan Naik Jelang Libur Nataru

Jumat, 30 Desember 2022 20:57 WIB
Kepala Posko Operasi Lilin 2022 Kombes Twedi Aditya Bennyahdi jumpa pers konidisi lalin libur Natraru 2023, Jumat (30/12).
Kepala Posko Operasi Lilin 2022 Kombes Twedi Aditya Bennyahdi jumpa pers konidisi lalin libur Natraru 2023, Jumat (30/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Korlantas Polri mencatat hari ke tujuh operasi lilin 2022 dalam menyambut penghujung tahun baru, jumlah volume arus kendaraan keluar Jakarta terpantau masih mengalami peningkatan. 

Hasil pantauan tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Posko Operasi Lilin 2022 Kombes Twedi Aditya Bennyahdi di Posko pusat terpadu kendali koordinasi dan informasi K3i operasi Lilin 2022, NTMC Polri =, Jumat (30/12).

“Pantauan arus lalu lintas di hari ke tujuh dalam menyambut tahun baru 2023 adanya peningkatan yang keluar dari Jakarta,” ucap Twedi.

Baca juga : Menko PMK Dan Menhub Cek Kesiapan Arus Balik Libur Nataru Di Cikopo

Lebih lanjut, Twedi menerangkan pantauan jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta melalui empat gerbang tol utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip itu sebanyak 1.166.000 unit kendaraan. Sedangkan kendaraan yg masuk ke Jakarta melalui 4 GT tadi itu sekitar 1.905.000 unit kendaraan.

Berdasarkan data yang diterima,  sebanyak 70.837 kendaraan atau -6 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta pada masa libur natal 2022 dan tahun baru 2023.

“Bisa kita lihat kendaraan yang lebih banyak keluar itu menuju lokasi wisata atau ketempat keluarga,” ujarnya.

Baca juga : Surplus, Kementerian ESDM Catat Pendapatan Negara dari Sektor Pertambangan Lampaui Target

Kaposko Twedi memprediksikan puncak arus balik kendaraan menuju Jakarta akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2023, mulai sore hari hingga dini hari.

“Prediksi arus balik ke Jakarta dimungkinkan pada tanggal 1 Januari mulai sore hari sampai dini hari,” imbuhnya.

Twedi menambahkan, untuk pantauan kepadatan arus kendaraan di lokasi Wisata sendiri terjadi di Jawa Barat.

Baca juga : Mak Ganjar Berikan Bantuan Korban Kebakaran Di Mampang Jakarta Selatan

“Sampai pagi hari ini lokasi yang lebih banyak kepadatannya di daerah Jawa barat, pertama puncak Cisarua, kemudian seputaran Lembang dan setiabudi Bandung,” terangnya.

Terakhir Kombes Twedi menghimbau, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh keluar Jakarta atau masuk Jakarta untuk menjaga kesehatan fisik dan memastikan kesehatan kendaraan.

“Kami menghimbau jaga kesehatan fisik kemudian perhatikan dan pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik. Sehingga tidak menghambat perjalanan nanti diakhir tahun,” tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.