Dark/Light Mode

Menko PMK Dan Menhub Cek Kesiapan Arus Balik Libur Nataru Di Cikopo

Jumat, 30 Desember 2022 17:17 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Pos Polisi Cikopo untuk antisipasi arus balik libur Nataru. (Foto: Ist)
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Pos Polisi Cikopo untuk antisipasi arus balik libur Nataru. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy meninjau pos polisi pelayanan terpadu di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, untuk melihat kondisi lalu lintas di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menhub bersama Menko PMK menggelar rapat koordinasi (rakor) di Pos Polisi Cikopo untuk memberikan sejumlah arahan dan sekaligus mendengarkan laporan dari sejumlah pemangku kepentingan, terkait situasi dan kondisi lalu lintas di wilayah Cikopo dan sekitarnya. 

Baca juga : Kemenkes Siapkan 14.641 Sarana Kesehatan Di Jalur Mudik Nataru

“Secara umum tadi dilaporkan oleh Jasa Marga dan Korlantas Polri, persiapan yang sudah dilakukan sudah cukup baik,” ujar Muhadjir, Jumat (30/12).

Ia meminta, seluruh pihak untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di penghujung tahun. “Harus diwaspadai betul cuaca yang sedang tidak bersahabat. Karena sangat berisiko terjadi tanah longsor, jalur licin, dan lain-lain. Untuk itu, perlu perhatian khusus pada jalur yang ada tanjakan-tanjakan diawasi dengan baik,” ucap Muhadjir.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Menurun, Rofik: Kapan Harga Pertalite Bisa Turun?

Lebih lanjut, Muhadjir juga mengingatkan agar melakukan pengawasan terhadap kelaikan dari bus-bus pariwisata dan melakukan tindakan tegas jika menemukan bus pariwisata yang tidak layak.

Sementara itu, Budi menjelaskan, wilayah Cikopo merupakan salah satu titik yang krusial terjadi kepadatan. “Alhamdulillah berkat kolaborasi Polres, Dishub, dan pihak terkait lainnya, sejauh ini arus lalu lintas masih bisa terkendali,” tutur Menhub.

Baca juga : Bos Jasa Raharja Bareng Kakorlantas Cek Kesiapan Nataru

Budi meminta, para petugas untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang akan terjadi mulai tanggal 1 Januari 2022, dengan menyiapkan beberapa skenario rekayasa lalu lintas seperti: one way, contra flow, dan lain-lain. “Lakukan dengan baik dan bersahabat,” kata Menhub.

Turut hadir dalam peninjauan, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, perwakilan dari Korlantas, Jasa Marga, serta jajaran Kemenhub.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.