Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei SPIN: Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Tertinggi

Sabtu, 31 Desember 2022 19:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan survei yang dilakukan Survei dan Polling Indonesia (SPIN) nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bertengger di peringkat teratas dalam perolehan elektabilitas sebagai cawapres.

Berdasarkan temuan, Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 19,2 persen unggul dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan perolehan 16,1 persen dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di angka 4,1 persen.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menyatakan elektabilitas Erick Thohir terus terdongkrak lantaran berbagai faktor.

Baca juga : Transformasi Yang Dilakukan Erick Thohir Sukses Ubah Paradigma BUMN

Faktor ini di antaranya adalah penilaian bahwa Erick merupakan menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi, serta memiliki rekam jejak yang luar biasa berhasil sebagai Menteri BUMN.

"Selain kedekatan dengan Presiden Joko Widodo, kinerja di BUMN juga menjadi faktor tingginya elektabilitas Erick Thohir," kata Igor Dirgantara dalam keterangan pers, Jumat, (30/12).

Erick Thohir sendiri dikenal memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Kedekatan hubungan ini dikarenakan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut terus-terusan berhasil menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan Jokowi.

Baca juga : Ganjar Mana Mau Kalau Cawapres

Tugas ini di antaranya adalah menanggulangi covid-19, memulihkan ekonomi nasional, memberantas korupsi di Kementerian BUMN, menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia, bahkan hingga menyukseskan acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Erick Thohir juga berdasarkan kinerjanya. Selain itu sempat jadi ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono," jelas Igor.

SPIN melakukan survei pada 1-10 Desember 2022 di 34 provinsi Indonesia dengan jumlah responden 1.230. Teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling, margin of error +- 2,8 persen, dan teknik pengambilan data wawancara langsung serta bantuan kuesioner. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.