Dark/Light Mode

Survei Capres Paling Tinggi

Ganjar Mana Mau Kalau Cawapres

Jumat, 30 Desember 2022 07:41 WIB
Prabowo Subianto (kiri) dan Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto (kiri) dan Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo merupakan kandidat capres yang sangat menjanjikan. Di berbagai survei dari lembaga kredibel, elektabilitasnya selalu tertinggi. Namun, akhir-akhir ini, ada dorongan Ganjar menjadi cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto. Dengan elektabilitasnya yang di atas Prabowo, mana mau Ganjar menjadi nomor 2.

Dorongan agar Ganjar menjadi cawapresnya Prabowo bahkan muncul dalam survei. Yang terbaru, yang dilakukan Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN). SPIN membuat 4 simulasi pasangan capres-cawapres yang diuji. Di simulasi pertama, Prabowo-Ganjar menghadapi Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Hasilnya, Prabowo-Ganjar meraup elektabilitas 63,3 persen, meninggalkan jauh Anies-AHY yang cuma meraih 29,1 persen.

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menyimpulkan, duet Prabowo-Ganjar cukup digdaya. "Survei juga menemukan bahwa pasangan terkuat bila terjadi hanya ada 2 pasangan calon berkompetisi ditempati oleh Prabowo-Ganjar dan Prabowo-Erick," kata Igor, dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : 43 Pesawat AU China Bersliweran Di Garis Median Selat Taiwan

Sebelumnya, Merdeka Institute Public Opinion Survey (MIPOS) juga menemukan tingginya penerimaan duet Prabowo-Ganjar dalam survei yang dirilis awal Desember ini. Hasilnya, 65,8 persen responden setuju adanya duet Prabowo-Ganjar. Sementara 30,2 persen tidak setuju dan 4,0 persen menjawab tidak tahu.

Dari pihak Prabowo, terlihat senang dengan hasil survei ini. Namun, mereka menyatakan, untuk pendamping Prabowo, masih belum ditentukan. "Masih dinamis sekali," kata Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, saat dikontak, tadi malam.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade bersyukur nama bosnya unggul di sejumlah lembaga survei. Menurutnya, temuan itu memompa semangat kader Gerindra untuk bekerja lebih keras lagi.

Baca juga : Gerakan Rakyat Desa Pendukung Ganjar Di Banten Bagikan Sembako Untuk Pedagang Pasar

"Kita tentu mensyukuri Pak Prabowo peringkat pertama, lalu ada berbagai simulasi dengan siapa pun juga Pak Prabowo nomor satu. Ini memberikan semangat untuk gerindra bekerja lebih keras lagi,' lanjutnya.

Sedangkan dari pihak Ganjar, kurang sreg dengan survei yang mendorong-dorong jagoannya menjadi nomor 2. "Kalau dicalonkan hanya karena pertimbangan elektabilitas, parameternya cuma itu, tawarannya tentu nggak begitu menyenangkan,” kata Ketua Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer, tadi malam.

Kata mantan relawan Jokowi ini, yang harus dikedepankan adalah gagasan. Prabowo membawa gagasan apa, dan Ganjar membawa gagasan apa. "Kalau bicara kekuasaan, kita nggak setuju simulasi ini. Tetapi kalau bicara misalnya agar demokrasi lebih kuat, rakyat lebih sejahtera, kita oke," sambungnya.

Baca juga : Ratusan Masyarakat Lampung Doakan Ganjar Pranowo Menang Di Pilpres 2024

Meski begitu, pria yang akrab disapa Noel ini juga realistis. Sebab, sampai saat ini, Ganjar belum mendapat tiket dari PDIP. Karenanya, dia menganggap, upaya menduetkan Prabowo dengan Ganjar sebagai pilihan yang cukup rasional.

Di sisi lain, selaku Ketua Jokowi Mania, ia juga melihat komitmen Prabowo cukup tinggi untuk menjaga menjaga legacy Presiden Jokowi. "Itu memang pasangan yang paling tokcer di 2024, asalkan dibarengi dengan gagasan yang bagus," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.