Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Kecelakaan, Komunitas Supir Truk Pendukung Ganjar Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Rabu, 4 Januari 2023 20:05 WIB
Komunitas Supir Truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada ratusan supir truk di Jakarta. Sosialisasi digelar di Jalan Mawar No.43 RT 5/RW 11 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Rabu (4/1). (Foto: Ist)
Komunitas Supir Truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada ratusan supir truk di Jakarta. Sosialisasi digelar di Jalan Mawar No.43 RT 5/RW 11 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Rabu (4/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Supir Truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada ratusan supir truk di Jakarta. Sosialisasi digelar di Jalan Mawar No.43 RT 5/RW 11 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Ketua Komunitas Supir Truk DKI Jakarta Amirul Amin menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan truk di jalanan. Di samping itu, kata Amin, para supir truk mesti memahami aturan-aturan lalu lintas.

"Supir kan beda sama pekerjaan yang di kantoran, seleksi kita mungkin ngga ketat. Hanya perlu SIM, KTP, dan kemauan untuk bekerja. Kadang kelalain supir ini yang kadang bikin kecelakaan di jalan," kata Amin di lokasi, Rabu (4/1).

Baca juga : Komunitas Nelayan Dukung Ganjar Bagi-bagi Voucher Solar Hingga Makan Bersama

Dalam sosialisasi tersebut, Komunitas Supir Truk DKI Jakarta mempraktekan langsung cara-cara menjaga keselamatan sebelum berkendara. Seperti pengecekan ban, air radiator, kondisi oli, hingga penggunaan safety belt.

"Kondisi mobil kalau sebelum berangkat mesti dicek airnya, ada oli, ada angin, terus bagaimana kondisi lampu-lampunya. Terus ketika berangkat supir harus mematuhi keselamatan seperti menggunakan safetybelt," kata Amin.

"Jadi karena cenderung mobil-mobil berat muatan kayak gini kan 5 ton, 7 ton, bahkan ada mobil truk kalau di Sumatera itu ada yang sampai 12 ton. Itu bannya harus khusus, remnya harus khusus, bernya harus khusus, terus kondisi jalannya pun supir harus memahami medannya," sambungnya.

Baca juga : Krakatau Sarana Infrastruktur Teken Perjanjian Pembiayaan Dengan SMI

Amin melanjutkan, para supir truk juga diedukasi tentang pentingnya pengecekan mobil truk setelah berkendara. Di samping itu, Amin menekankan supir truk harus memiliki SIM sesuai dengan tipe mobilnya seperti B1, B2, atau B2 umum. 

"SIM yang sesuai dengan truknya, terus ketika pulang pun nanti dia periksa lagi bagaimana keadaan mobilnya. Kalau memang ada masalah di mobilnya, segera lapor ke montir," kata Amin.

Sementara itu, Ketua Bidang Logistik dan Transportasi Komunitas Supir Truk DKI Jakarta Abdurahman Sidik mengatakan, para supir truk antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Sidik berharap, para supir truk semakin hati-hati dalam berkendara.

Baca juga : Kiyai Muda Jatim Dukung Ganjar Kenalkan Sistem Pendidikan Pengembangan Bahasa Arab

"Mudah-mudahan nanti ke depannya setelah kita sosialisasikan acara hari ini, supir lebih hati-hati dalam berkendara, tidak ugal-ugalan, kemudian dia juga berpikir panjang untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Selain mensosialisasikan keselamatan berkendara, Komunitas Supir Truk DKI Jakarta juga membagikan ratusan sembako kepada supir truk, istri supir truk, montir, dan masyarakat yang membutuhkan di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur. Sidik berharap, ekonomi supir truk dan keluarga semakin baik.

"Semoga para supir truk ekonominya menjadi lebih baik, lapangan pekerjaan semakin luas. Jadi banyak supir truk yang bisa bekerja," kata Sidik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.