Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Ganjar-Erick Wajar Jadi Favorit Di Jaring Aspirasi Balad Jokowi

Jumat, 6 Januari 2023 11:50 WIB
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menguatnya dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai bakal calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) dinilai pengamat sebagai cerminan aspirasi masyarakat yang mayoritas berasal dari generasi muda.

Berdasarkan jaring aspirasi yang dilakukan Kelompok Relawan Balad Jokowi di Priangan Timur yang meliputi Kabupaten Ciamis, Garut, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya pada periode November-Desember 2022 lalu, nama pasangan Ganjar-Erick menjadi 'top of mind' sebagai pasangan capres-cawapres favorit.

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership [DEEP] Indonesia Neni Nur Hayati menilai wajar jika nama pasangan Ganjar-Erick menjadi pilihan favorit warga Priangan Timur, mengingat preferensi pemilih mudanya cukup tinggi.

Baca juga : Pengamat Nilai Banyak Kebijakan Erick Thohir Yang Untungkan Generasi Muda

"Priangan Timur itu preferensi pemilih muda tinggi sekitar 60 persen dari total jumlah DPT sehingga wajar banyak yang menjatuhkan pilihannya ke Ganjar dan Erick. Bagi mereka ini menjadi pasangan ideal capres cawapres yang akan memiliki keberpihakan pada anak muda," ujar Neni, Jumat (6/1).

Selain itu, kata Neni, Ganjar merupakan representasi paling lekat dengan sosok Jokowi sebagai sosok yang merakyat. Sementara Erick Thohir menjadi Menteri andalan Presiden di Kabinet.

"Ada pengaruh kuat di kalangan publik, bahwa Jokowi sebagai sosok pemimpin sederhana dan merakyat yang karakter kepemimpinan tersebut ada di sosok Ganjar. Sementara Erick, selama menjadi menteri BUMN dengan program yang menyentuh basis anak muda dengan pemanfaatan platform digital," terangnya.

Baca juga : HT Tunjuk Eks Pangdam Kasuari Jadi Ketua DPW Perindo Papua Barat

Neni menilai, selama menjadi menteri Erick Thohir banyak mengedepankan kepentingan kalangan muda. Hal ini ditunjukkan dengan kepercayaan yang diberikan kepada anak-anak muda di posisi-posisi penting di Kementerian dan perusahaan BUMN.

Terpisah, Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan jaring aspirasi tersebut merupakan cermin potret harapan masyarakat Priangan Timur.

Pasangan Ganjar-Erick menjadi pasangan yang paling banyak diharapkan muncul dalam ajang pilpres mendatang.

Baca juga : Pengamat: Publik Percaya, Mafia Skor Di Liga Indonesia Hambat Prestasi Sepak Bola Indonesia

"Jaring aspirasi yang dilakukan Relawan Balad Jokowi saya kira bisa menjadi salah satu sinyal dari masyarakat Priangan Timur, bahwa pasangan Ganjar-Erik memang diharapkan menjadi pasangan yang melaju di Pilpres mendatang," ujar Arif.

Menurut Arif pola penjaringan yang dilakukan Balad Jokowi melibatkan partisipasi semua kader bisa digunakan partai politik dalam menentukan capres dan cawapres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.