Dark/Light Mode

Rehabilitasi Asrama Ponpes Di Tulungagung

Relawan Gus-Gus Pendukung Ganjar Gandeng Santri Dan Alumni

Selasa, 10 Januari 2023 22:04 WIB
GGN menyerahkan bantuan dalam mendorong rehabilitasi asrama santri di Ponpes Hidayatul Falah, Desa Bendilwungu, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), Selasa (10/1). (Foto: Ist)
GGN menyerahkan bantuan dalam mendorong rehabilitasi asrama santri di Ponpes Hidayatul Falah, Desa Bendilwungu, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), Selasa (10/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah gus pendukung Ganjar Pranowo berjejaring dalam relawan Gus-Gus Nusantara (GGN) terus menyebarkan perhatiannya terhadap lingkungan pesantren. Teranyar, GGN menyerahkan bantuan dalam mendorong rehabilitasi asrama santri di Ponpes Hidayatul Falah, Desa Bendilwungu, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung, Jawa Timur (Jatim).

Gus-Gus Nusantara yang berlatar belakang putra para kiai mempunyai niat baik meningkatkan kualitas pendidikan pesantren. Salah satu di antaranya melalui perbaikan asrama pondok pesantren bagi para santri demi menambah kenyamanan tempat tinggal dan beraktivitas.

"Ini saya rasa sangat perlu untuk mempercepat kenyamanan bagi kaum santri dalam mengemban tugas belajar ilmu agama untuk pesantren tersebut. Dari Gus-Gus Nusantara memberikan bantuan berupa pasir, batu-bata, dan pemasangan plafon dan gypsum," ucap Koordinator Wilayah Gus-Gus Nusantara Jawa Timur, Gus Alwy Hasan di lokasi, Selasa (10/1).

Baca juga : Relawan Gus-Gus Pendukung Ganjar Renovasi MCK Pondok Pesantren Di Tulungagung

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dalam agenda "Doa Bersama demi Keselamatan NKRI" dan diterima langsung oleh Gus Mukhlisin selaku pengurus Ponpes Hidayatul Falah.

Gus Alwy menyebut Hidayatul Falah merupakan satu dari empat ponpes di bawah naungan Yayasan Gunajaya. Sementara ketiga ponpes lainnya adalah Al Falah Putra Trenceng, Al Falah Putri Trenceng, dan An-Najah.

Pada proses pengerjaan, GGN menggaet para santri dan alumni Pondok Pesantren Al Falah Trenceng untuk memugar satu asrama santri tersebut. Nantinya, asrama dengan luas 6x7 meter tersebut bakal dihuni kurang lebih 30 santri.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Sunat Massal Di Ciamis

"Kami di pondok pesantren dibiasakan ro'an (kerja bakti). Jadi, pelaksanaan renovasi asrama ini nanti kami kerja sama dengan santri dan para alumni Ponpes Al-Falah," kata Gus Alwy.

Gus Alwy menegaskan dalam rangka menebar kebaikan dan kebermanfaatan kepada sesama, GGN berkomitmen menjaring aspirasi masyarakat. Salah satu di antaranya adalah masyarakat pesantren yang berada di Jatim.

"Di mana pendidikan pesantren ini dirasa cukup lama berhasil dalam mendidik akhlak bangsa di NKRI. Sehingga perlu menurut kami memperdulikan dan memperhatikan finansial bangunan-bangunan dari pondok yang kami jangkau," jelas Gus Alwy.

Baca juga : Relawan Gardu Ganjar Banten Berikan 1000 Paket Sembako

Ali Imron (21) salah satu santri mengapresiasi bantuan pemugaran asrama santri yang disalurkan oleh sukarelawan GGN. Dia berharap, adanya bantuan ini dapat meningkatkan semangat para santri dalam menimba ilmu.

"Terima kasih kepada Gus-Gus Nusantara. Alhamdulillah bantuan ini sangat dibutuhkan sekali oleh santri dan pesantren. Sehubungan bantuan ini, bangunan-bangunan yang kurang layak bisa diperbaiki," jelas Ali.

Sebelumnya pada Senin (9/1), Relawan Gus-Gus Nusantara telah memberikan bantuan perbaikan empat unit tempat mandi cuci kakus (MCK) bagi Ponpes Al-Falah, Tulungagung. Bantuan tersebut diharapkan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan para santri di lingkungan pesantren.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.