Dark/Light Mode

Emak-emak Jagokan Airlangga-Ganjar Maju Pilpres 2024

Rabu, 11 Januari 2023 12:53 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Syurya M. Nur menilai duet Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo patut dipertimbangkan. Karena keduanya mempunyai keuntungan masing-masing.

Menurutnya, Airlangga merupakan ketum partai yang memiliki hak penuh mengusung capres dan cawapres. Sedangkan Ganjar hingga kini elektabilitas sulit dikejar oleh capres potensial lainnya.

"Kalau PDI Perjuangan tidak ambil Ganjar maka Airlangga harus ambil ganjar 'naturalisasi' Ganjar ke Golkar," kata Syurya dalam keterangannya, Rabu (11/1).

Baca juga : GBB Banten Mantap Dukung Ganjar Di Pilpres 2024

Sebelumnya, lembaga survei Warna Institute (WI) melaporkan hasil survei terkait capres yang mampu meneruskan program dalam hal perekonomian. Survei kali ini menyasar mayoritas responden perempuan.

Lebih lanjut, WI merinci pejabat negara yang sangat peduli dengan perbaikan perekonomian keluarga adalah Presiden Jokowi dengan 89,7 persen.

"Di urutan kedua sebanyak 78,6 persen menyebut nama Airlangga. Sisanya ada nama Prabowo Subianto, Puan, Ganjar, Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil," tutur Direktur Eksekutif WI, Kristin Ervina.

Baca juga : Silakan Sandiaga Maju Pilpres, Tapi Nggak Lewat Gerindra

Dengan demikian, tambah dia, kriteria Presiden yang diinginkan kaum hawa adalah tokoh yang mampu dan sudah punya pengalaman mengelola perekonomian nasional. Hal ini juga tercermin dari jawaban 88,4 persen kaum perempuan ketika ditanyakan kriteria presiden setelah Jokowi.

Mereka beralasan agar dapur terus ngebul dan pendapatan keluarga bisa bertambah.

"Simulasi pilihan parpol secara tertutup oleh kaum perempuan jika Pemilu digelar hari ini Golkar 19,8 persen, PDIP 17,2 persen, Gerindra 16,9 persen, Demokrat 7,1 persen PKS 6,2 persen, PKS 5,1 persen, NasDem 4,3 persen, Perindo 3,5 persen, PAN 3,2 persen, PPP 2,8 persen, partai Buruh 2,1 persen, dan parpol lainnya di bawah 1 persen," beber dia.

Baca juga : Sufmi Dasco Restui Sandi Jika Ingin Maju Pilpres 2024

Sementara, simulasi pilihan terhadap tokoh bakal capres oleh kaum perempuan atau emak-emak dengan mengunakan pertanyaan tertutup, jika Pilpres digelar hari ini maka Airlangga menjadi tokoh paling banyak dipilih.

"Yaitu sebanyak 26,2 persen, Prabowo Subianto 18,2 persen, Puan Maharani 10,2 persen dan Ganjar Pranowo 9,6 persen, Anies Baswedan 8,8 persen, dan tokoh lainnya sebanyak 17,1 persen," tutup dia.

Adapun, pengambilan sample survei ini mengunakan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error +/- 2,1 persen. Survei ini dimulai sejak tanggal 4-17 Desember 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.