Dark/Light Mode

Pasca Gempa, 92 Rumah Warga Tanimbar Maluku Rusak

Rabu, 11 Januari 2023 22:00 WIB
Kerusakan rumah akibat gempa M7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1). (Foto: Istimewa)
Kerusakan rumah akibat gempa M7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 92 rumah warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, mengalami kerusakan saat gempa magnitudo (M)7,5 terjadi pada Selasa dini hari (10/1), pukul 02.47 WIT. Delapan tempat tinggal di antaranya mengalami kerusakan berat. Data terkini per Selasa (10/1), pukul 11.00 WIB,

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menyampaikan, rumah rusak ringan berjumlah 80 unit dan rusak sedang 4. Di samping tempat tinggal, identifikasi kerusakan fasilitas umum terjadi pada kantor bupati dan tribun lapangan Mandriak di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan.

Baca juga : Gempa M7,5, Puluhan Rumah Warga Kepulauan Tanimbar Maluku Rusak

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menginformasikan dua fasilitas pendidikan mengalami kerusakan pada pagar sekolah, yaitu SMA Negeri 1 dan SMP Kristen Saumlaki. Kerusakan tidak hanya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pusdalops BNPB mendapatkan laporan dampak di Kabupaten Maluku Barat Daya. Sebanyak 9 rumah warga rusak berat, sedangkan 23 lainnya rusak ringan.

Selain itu, 2 fasilitas pendidkan mengalami rusak berat. Sebagian besar kerusakan di Kabupaten Maluku Barat Daya berada di Desa Watuwei dan Letmasa, Kecamatan Dawelor Dawera.

Baca juga : Ganjar Bangun Ulang 30 Rumah Warga Yang Hancur Akibat Banjir Di Brebes

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, hingga kini belum ada laporan korban jiwa maupun jumlah warga yang mengungsi pasca gempa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.