Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gibran Dinobatkan Jadi Politisi Muda Terpopuler dan Tervokal 2022

Jumat, 13 Januari 2023 07:24 WIB
Daftar politisi muda tervokal 2022. (Gambar: Indonesia Indicator)
Daftar politisi muda tervokal 2022. (Gambar: Indonesia Indicator)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan Intelijen Media, mencatat sepanjang 2022, sebanyak 20 politisi muda menguasai panggung pemberitaan media online di Tanah Air. Ke-20 figur politisi muda yang bersinar itu berusia di bawah 40 tahun.

“Umumnya, politisi muda Terpegah dan Tervokal  pada 2022 itu berasal dari mereka yang menjadi kepala daerah,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, kepada media, Jumat (13/1).

Menurut Rustika, jajaran 20 figur yang masuk dalam daftar Politisi Muda Terpegah dan Tervokal 2022 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kader politik yang bagus. Media mem-framing positif kinerja para politisi muda tersebut. “Hal itu terlihat adanya terobosan-terobosan baru dalam pemerintahan mereka, pro-aktif, dinamis, dan mulai menggunakan atau melakukan manajemen media dan media sosial dengan baik,” terang Rustika.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didaulat menjadi Politisi Muda Terpegah (terpopuler) dan Tervokal (paling berpengaruh) 2022. Gibran, menurut Rustika, memuncaki daftar teratas baik dari ekspos pemberitaan maupun jumlah pernyataan yang dikutip media.

“Sepanjang 1 Januari-20 Desember 2022, figur Gibran tampil dalam 41.946 berita dari 20.194.242 total berita yang disajikan 8.244 media online di Tanah Air,” ungkap Rustika. Sebagai Politisi Tervokal 2022, pernyataan Gibran dikutip media daring di Indonesia sebanyak 76.427 kali.

Berita Terkait : Jokowi Jadi Tokoh Terpegah Dan Tervokal 2022

Menurut Rustika, posisi Gibran sebagai figur terpegah dan tervokal boleh jadi karena posisinya sebagai putra Presiden Jokowi. Namun demikian, lanjut dia, hanya 36 persen seluruh pemberitaan mengenai Gibran dikaitkan dengan posisinya sebagai anak Presiden. Sisanya, lebih banyak mengungkap terkait dengan berbagai aktivitas, kebijakan, maupun opininya, baik sebagai pribadi maupun Wali Kota Solo.

“Terdapat rata-rata 3.000-an pemberitaan Gibran di media setiap bulan yang banyak mengangkat isu lokal hingga internasional yang berasal dari Solo,” papar Rustika. Isu internasional itu antara lain, kehadiran grup band asal Amerika Serikat Dream Theater maupun berbagai rangkaian acara dari delegasi Trade, Industry, and Investment Working Group (TIIWG) G20.

Di sisi lain, lanjut Rustika, Gibran juga cukup aktif baik di media sosial menanggapi segala hal, maupun terjun langsung ke lapangan dan mengecek semuanya. Di antara aktivitasnya yang mendapat atensi media seperti, rajin memonitor isu terkait sepak bola, aktivitas anak muda seperti balapan, segera bertindak ketika kluster Covid-19 melanda sekolah, kisah lucu anaknya Jan Ethes, keamanan kota Solo, darah anjing mencemari bengawan Solo, helm hilang di Solo akan diganti, maupun soal beberapa aksi demo yang ditujukan padanya.

“Itu sebabnya, nama Gibran juga sering disebut-sebut sebagai calon gubernur DKI Jakarta, mengikuti jejak ayahnya,” kata Rustika.

Popularitas Gibran di media diikuti Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. Menantu Presiden Jokowi itu menempati posisi kedua Tokoh Muda Terpegah dan Tervokal 2022. Figur Bobby mewarnai pemberitaan media online Tanah Air dalam 37.170 berita. Sedangkan, jumlah pernyataannya yang dikutip media mencapai 72.857.

Berita Terkait : Zidane Digosipin Bakal Jadi Pelatih Timnas Brazil

Rustika menjelaskan, kedekatan Bobby dengan Presiden Jokowi menjadi salah satu faktor yang membuat namanya sering diberitakan. Namun demikian, kata dia, Bobby di-framing media dengan cukup baik atas berbagai aktivitas dan kebijakannya.

“Misalnya, terjun langsung dalam penanganan banjir, pendekatan kemanusiaan seperti pada para penggali kubur, memunculkan aplikasi yang mempermudah pencari kerja, memonitor secara aktif persiapan mudik dan penjagaan kamtibmas jelang Lebaran upaya menurunkan stunting, melakukan kerjasama dengan daerah lain untuk menekan inflasi, dan lain sebagainya.”

Posisi politisi muda Terpegah dan Tervokal 2022 ketiga diduduki Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Andi tampil dalam 25.768 berita dan pernyataannya yang dikutip media mencapai 47.291. Menurut Rustika, Andi Sudirman banyak diapresiasi oleh para pedagang kaki lima Lego-lego karena telah memberikan tempat untuk mereka, memberikan bantuan logistik kebakaran secara cepat, dan mendapat penghargaan dari Kemendagri atas capaian pembangunan makro.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil E Dardak bertengger di posisi keempat dengan 16.668 berita dan 33.536 pernyataan.  Menurut Rustika, figur Emil Dardak banyak diangkat saat dia dikukuhkan menjadi Ketua DPD Demokrat Jatim, dan saat menjabat Plt Gub Jatim. Selain itu, kinerja Emil yang fokus pada penanganan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada sapi mendapat atensi dari media massa. Selain itu, ia beberapa kali diberitakan dan dikutip media mengenai perekonomian.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menempati posisi kelima dengan 9.408 berita dan 23.761 pernyataan. Indonesia Indicator juga mencatat, Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha menjadi politisi muda terpegah dan tervokal dari unsur pengurus partai politik. Giring tampil dalam 5.692 berita dan 9.959 pernyataan. Juru Bicara PKS Muhammad Kholid juga masuk dalam daftar politisi muda tervokal dengan 7.723 pernyataan.

Berita Terkait : Manfaatkan Teknologi, PLN Raih Penghargaan Top Digital 2022

Menurut Rustika, dari unsur pejabat Kementerian, terdapat nama Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan yang masuk dalam daftar 20 Politisi Terpegah dan Tervokal 2022. Jerry tampil dalam 5.263 berita dan 12.193 pernyataan. Figur lain dari kementerian yang masuk dalam daftar Politisi Tervokal 2022 adalah Faldo Maldini, Staf Khusus Mensesneg, dengan 9.242 pernyataan.

“Sedangkan dari unsur Parlemen hanya terdapat nama Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta,” kata Rustika. Angara masuk dalam daftar 20 Politisi Muda Tervokal 2022 dengan 7.593 pernyataan.

Berdasarkan hasil riset tersebut, Indonesia Indicator (I2) menyimpulkan, regenerasi partai terbukti berjalan baik. Hal itu terpotret dalam 20 nama yang masuk dalam Politisi Terpegah dan Tervokal 2022. “Sebanyak 18 politisi berasal dari partai politik, sementara dua nama berasal dari jalur non partai (independen) meski diusung oleh partai politik hingga menduduki jabatan saat ini,” ungkapnya.

Kedua nama tersebut adalah Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Dua kepala daerah ini tidak terdaftar sebagai anggota parpol manapun, namun maju diusung oleh beberapa parpol.

Adapun nama-nama pejabat politik lainnya yang masuk dalam 20 besar lainnya adalah Taj Yasin Maimoen (Wagub Jateng), Ahmad Muhdlor Ali (Bupati Sidoharjo), Adnan Purichta Ichsan (Bupati Gowa), Andika Hazrumi (Wagub Banten), Roby Kurniawan (Bupati Bintan), Fandi Akhmad Yani (Bupati Gresik), Hanindhito Himawan (Bupati Kediri), Dico M Ganinduto (Bupati Kendal), Fairid Naparin (walikota Palangkaraya), dan Fadly Amran (Wali Kota Padang Panjang) yang menjadi politisi muda tervokal di urutan 20.■