Dark/Light Mode

Anies Pamer Ngasih Kuliah Tamu Di Kampus Harry Potter

Jumat, 13 Januari 2023 20:35 WIB
Anies Baswedan saat menyampaikan kuliah umum di Oxford University, Inggris. (Foto: Facebook)
Anies Baswedan saat menyampaikan kuliah umum di Oxford University, Inggris. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan pengalamannya saat memberikan kuliah tamu soal ASEAN dan masa depannya di ruang bersejarah, Gedung Divinity School di Oxford University. Usai upacara pengangkatan sebagai Founding Member of International Advisory Board at the Institute of ASEAN Studies at the University of Oxford.

"Universitas ini bukan hanya tertua, tapi juga terlama. Ada banyak universitas tua, tapi kini punah dan cuma cerita sejarah. Hanya sedikit yang tetap tumbuh dan berkembang sampai hampir seribu tahun. Salah satunya, Universitas Oxford," papar Anies via Facebook, Jumat (13/1).

Bangunan yang mulai digunakan sejak 1483 ini, merupakan salah satu bangunan tertua di kampus ini. Proses pembangunannya saja, perlu waktu 60 tahun.

Baca juga : Yaqut Harus Lebih Lincah

 

 

Anies bilang, pada awalnya, ruangan ini digunakan untuk kuliah, ujian lisan, dan diskusi tentang teologi. Bahkan, ruangan ini pula yang digunakan sebagai ruang parlemen Inggris era 1620-1640-an.

Baca juga : Victoria Lamas, Suka Sama DiCaprio

"Pada masa itu, mahasiswa yang diuji berada di satu sisi, sementara dewan guru besar/dosen duduk di sisi seberangnya mencecar dengan pertanyaan dan kritik. Itulah sebabnya disebut sebagai defense. lstilah Dissertation Defense, dimulai di ruangan ini," papar Anies.

Pada masa sekarang, ruangan bersejarah ini hanya digunakan untuk upacara dan acara universitas penting lainnya.

Menuju ruangan ini, ada selasar panjang yang dijadikan lokasi pengambilan gambar pada film Harry Potter.

Baca juga : Senator DKI Semangati Atlet Ski Air Di Kejurnas Danau Sunter

Sebagian besar dari hadirin, belum pernah masuk ke ruang bersejarah ini. Bahkan, dosen dan mahasiswa Oxford pun, banyak yang baru pertama kalinya masuk ke ruangan ini.

"Sebuah kehormatan diundang memberikan kuliah tamu di salah satu universitas terlama di dunia. Mereka sengaja menyelenggarakan kuliah tamu ini di sebuah lokasi yang amat prestisius," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.