Dark/Light Mode

Robbie Coltrane, Pemeran Tokoh Hagrid Dalam Film Harry Potter, Meninggal Di Usia 72

Sabtu, 15 Oktober 2022 07:35 WIB
Aktor Harry Potter Robbie Coltrane meninggal dunia di Forth Valley Royal Hospital, Skotlandia, Jumat (14/10). (Foto: Getty Images via BBC)
Aktor Harry Potter Robbie Coltrane meninggal dunia di Forth Valley Royal Hospital, Skotlandia, Jumat (14/10). (Foto: Getty Images via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktor Robbie Coltrane, pemeran tokoh Hagrid dalam film Harry Potter, meninggal dunia dalam usia 72 tahun di Forth Valley Royal Hospital, di dekat Falkirk, Skotlandia, Jumat (14/10).

Dia meninggalkan seorang saudara perempuan bernama Annie Rae, anak-anaknya: Spencer dan Alice serta mantan istrinya, Rhona Gemmell.

Agen Coltrane, Belinda Wright, menggambarkan kliennya sebagai orang yang memiliki bakat unik.

"Perannya sebagai Hagrid, telah membawa kegembiraan bagi anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia," ujar Wright seperti dikutip BBC International, Jumat (14/10).

"Saya pribadi, mengingatnya sebagai klien yang setia. Coltrane tak hanya aktor yang luar biasa. Dia juga cerdas secara forensik. Sangat cerdas. Saya bangga, 40 tahun menjadi agennya. Saya akan selalu merindukannya," imbuhnya.

Baca juga : Wagub Riza Patria Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Azyumardi Azra

Sementara bintang Harry Potter, Daniel Radcliffe, mengaku banyak memiliki kenangan indah dengan Coltrane.

Menurutnya, Coltrane adalah salah satu orang paling lucu yang pernah ditemuinya. Di lokasi syuting, dia sering membuat anak-anak tertawa.

Radcliffe sangat terkenang pada cara Coltrane menjaga semangat timnya dalam episode Prisoner of Azkaban.

"Ketika itu, kami semua berlindung dari hujan lebat selama berjam-jam di gubuk Hagrid. Dia bercerita dan membuat lelucon, supaya kami tetap happy. Saya sangat beruntung bisa bertemu dan bekerja sama dengannya. Saya sangat berduka atas kepergiannya. Dia bukan cuma aktor yang luar biasa, tetapi juga sosok yang menyenangkan," ungkapnya.

Kesan baik Coltrane, juga disampaikan Emma Watson, yang juga berperan dalam film Harry Potter.

Baca juga : Pangeran Harry Tiba Setelah Ratu Meninggal Di Balmoral

"Robbie, jika saya bisa bersikap baik seperti Anda di lokasi syuting, saya berjanji akan melakukannya atas nama dan ingatan Anda," ucapnya.

Lewat akun Instagramnya, Watson menulis, "Tidak ada Hagrid yang lebih baik".

Watson menilai, Coltrane telah berhasil membuatnya menjalani peran menyenangkan sebagai tokoh Hermione. Murid terpilih di asrama Gryffindor, Sekolah Sihir Hogwarts yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata. Namun, kurang matang secara emosional.

"Saya akan sangat merindukan senyum manis, nama panggilan, kehangatan, serta tawa dan pelukanmu," tutur aktris berusia 32 tahun ini.

Sang penulis novel Harry Potter, JK Rowling juga punya kesan mendalam tentang Coltrane.

Baca juga : Topan Hinnamnor Hantam Korsel, 2 Meninggal 10 Hilang

"Sepertinya, saya tak akan pernah lagi bertemu dengan sosok sehebat Robbie. Bakatnya sungguh luar biasa. Dia paket komplet. Saya sangat beruntung, bisa mengenalnya, bekerja, dan tertawakl bersamanya. Cinta dan belasungkawa terdalam saya kepada keluarganya, kepada semua anak-anaknya," tulis Rowling via Twitter, Jumat (14/10).

Coltrane terlahir dengan nama Anthony Robert McMillan lahir di Rutherglen, Skotlandia pada 30 Maret 1950.

Aktor yang juga tampil apik di drama detektif ITV Cracker dan dua film James Bond: Goldeneye dan The World Is Not Enough ini, pernah menerima Order of the British Empire (OBE) dalam daftar penghargaan Tahun Baru 2006, atas jasanya pada seni drama.

Lima tahun berselang, Coltrane dianugerahi Penghargaan Bafta Scotland atas kontribusinya yang luar biasa pada dunia film. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.