Dark/Light Mode

Tak Punya Beban Politik Masa Lalu, Erick Thohir Layak Jadi Cawapres

Jumat, 13 Januari 2023 21:59 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Yuari Prayanto menilai, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak memiliki dosa politik yang membebani.

Selain itu, Erick juga merupakan pemimpin bersih dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Penting untuk dipertimbangkan, Erick Thohir tidak memiliki dosa politik yang menyertai," kata pengamat yang akrab disapa Mazdjo Pray ini, Jumat (13/1).

Baca juga : Rajai Medsos Dengan Sentimen Positif, Erick Thohir Cawapres Potensial

Ditambahkannya, sebagai pemimpin yang bersih, Erick Thohir bahkan berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi di Kementerian BUMN.

Awal berkiprah di lembaga pengelola perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut, ia langsung tancap gas mengusut tuntas kasus penyelewengan di dalam tubuh Garuda Indonesia.

Setelah itu Erick Thohir membongkar bobroknya manajemen di perusahaan asuransi dan penjamin dana pensiun yakni Jiwasraya dan Asabri.

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Sembako, Erick Thohir Lakukan Operasi Pasar

Tidak hanya itu, eks Presiden Inter Milan ini kemudian menerapkan manajemen anti suap atau ISO 37001 agar kejadian serupa tidak terulang di seluruh wilayah Kementerian BUMN.

Sebagai upaya penyelamatan Garuda Indonesia, Erick Thohir kembali mengungkap kasus korupsi penyewaan pesawat yang telah merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak masyarakat yang mendukung orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut menjadi calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden alias pilpres 2024 mendatang.

Baca juga : Pengamat: Elektabilitas Tinggi, Erick Akan Jadi Rebutan Koalisi

Ia menyatakan Erick Thohir merupakan pemimpin yang bisa mengemban tugas-tugas strategis negara dan masyarakat jika menjadi pemimpin selanjutnya.

"Erick Thohir banyak dipercaya untuk menjalankan tugas-tugas berat dan strategis. Erick Thohir memiliki keunggulan dibandingkan dengan sosok lain di pemerintahan pusat," ungkapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.