Dark/Light Mode

Penuhi Kebutuhan Masyarakat Prasejahtera

Kowarteg Pendukung Ganjar Bagi-bagi Sembako Di Cirebon

Minggu, 15 Januari 2023 17:42 WIB
Ratusan warga di Desa Sasak, Karangwangun, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengantre dengan tertib di depan para relawan Komunitas Warteg (Kowarteg) Jawa Barat (Jabar), Minggu (15/1). (Foto: Ist)
Ratusan warga di Desa Sasak, Karangwangun, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengantre dengan tertib di depan para relawan Komunitas Warteg (Kowarteg) Jawa Barat (Jabar), Minggu (15/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan warga di Desa Sasak, Karangwangun, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengantre dengan tertib di depan para relawan Komunitas Warteg (Kowarteg) Jawa Barat (Jabar). 

Mereka merupakan para penerima manfaat dari aksi sosial yang digelar relawan Kowarteg pada Minggu (15/1), yang membagikan paket sembako untuk warga di desa tersebut. 

Ini menjadi aksi sosial kesekiankalinya dari komunitas yang beranggotakan pedagang pasar dan PKL dari berbagai wilayah di Jabar tersebut. 

Baca juga : Orang Muda Ganjar Kolaborasi Kembangkan Bumdes Di Krengseng

Komunitas yang juga memiliki kesamaan visi untuk mendukung sosok Ganjar Pranowo menjadi presiden ini berharap, bantuan dari mereka bisa meringankan beban ekonomi para penerima manfaat yang berasal dari keluarga prasejahtera. 

"Kami telah survei, bahwa di daerah sini memang, bisa dibilang mereka masyarakat di sini perlu bantuan," ujar Koordinator Kowarteg Indonesia, Noehrozi saat diwawancarai usai membagikan sembako ke warga. 

Bagi masyarakat prasejahtera, membeli kebutuhan pangan telah menjadi anggaran besar bagi tiap keluarga. Sehingga, Noehrozi berharap bantuan yang diberikan Kowarteg bisa untuk memenangi kebutuhan pangan para warga untuk beberapa waktu ke depan. 

Baca juga : Ganjar Ajak Masyarakat Jateng Rawat Kerukunan-Toleransi Umat Beragama

"Untuk beberapa hari ke depan, kami bisa membantu kebutuhan pangannya, maka kami berikan sembako untuk warga di sini," sebutnya. 

Lewat kegiatan ini, Noehrozi berharap bantuan yang mereka berikan bisa mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya sikap saling berbagi dan peduli terhadap sesama. 

"Kegiatan ini, Kowarteg Indonesia terinspirasi dari Pak Ganjar. Beliau memang berjiwa sosial tinggi, suka blusukan, suka turun ke bawah untuk melihat, mendengar, dan merasakan masyarakatnya. Sehingga dia bisa mengambil keputusan terkait langkah-langkah yang bermanfaat untuk rakyatnya," paparnya. 

Baca juga : Ganjar Bikin Harga Sembako Tetap Terjangkau

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Kusnan menjelaskan bahwa warganya sangat antusias untuk bisa mendapatkan bantuan dari relawan Kowarteg. Dia juga membenarkan terkait kondisi warganya yang mengalami kesulitan ekonomi. 

"Harapannya untuk ke depannya, ada penambahan jumlah warga yang menerima, sehingga masyarakat di sini lebih makmur. Kowarteg Indonesia itu benar-benar memperhatikan masyarakat kecil, terutama warga jompo, masyarakat miskin, dan yatim piatu," harapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.