Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Apresiasi Dasco Temui Demonstran Apdesi, Hima Persis: Patut Jadi Contoh

Kamis, 19 Januari 2023 14:31 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (memegang mic) menemui massa aksi unjuk rasa para kepala desa di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (17/1). (Foto: Instagram Sufmi Dasco)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (memegang mic) menemui massa aksi unjuk rasa para kepala desa di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (17/1). (Foto: Instagram Sufmi Dasco)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) mengapresiasi sikap Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang mendatangi massa aksi unjuk rasa para kepala desa di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (17/1). Saat itu, para kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) melakukan unjuk rasa untuk meminta perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun, dengan pengurangan periodesasi dari maksimal 3 periode menjadi 2 periode.

"Sebagai aktivis, kami mengapresiasi sikap-sikap yang bijaksana ini dari Dewan Perwakilan kita di Senayan (DPR)," ucap Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah.

Baca juga : Polisi Dibakar Hingga Tewas, Demonstran Peru Kian Brutal

Ilham berpandangan, hal semacam ini harus menjadi contoh dan teladan bagi para pejabat di Senayan untuk senantiasa dapat mendengar, mengawal, dan membersamai masyarakat yang mengalami problematika kebangsaan dan kenegaraan. Menurutnya, Sufmi Dasco Ahmad telah memberikan contoh sosok yang bijak dalam hal ini.

"Kebijaksaan dalam menghadapi keluhan berbagai kelompok masyarakat yang disampaikan dalam ruang demokrasi seperti itu patut untuk dikedepankan. Mendengar dan turut memberikan solusi adalah di antara harapan rakyat dari para wakilnya. Dan kita apresiasi beliau (Dasco Ahmad), dan ini patut menjadi contoh," lanjut Ilham.

Baca juga : Pariwisata Mulai Bangkit

Dalam demonstrasi pada Selasa (17/1) lalu, para kepala desa menuntut agar DPR merevisi Undang-Undang Nomor 6 tentang Desa. Para kepala desa berharap, dalam revisi tersebut DPR memperpanjang masa jabatan mereka menjadi sembilan tahun.

“Apa yang disampaikan untuk merevisi Undang-Undang Nomor 6 mengenai poin penambahan menjadi 9 tahun tanpa periodisasi, saya sudah sampaikan bahwa untuk revisi itu ada dua yang berkompeten, yaitu Pemerintah dan DPR,” kata Dasco, usai menemui massa aksi.

Baca juga : Soal Duet Dengan Anies, AHY Tertawa, Lalu Mohon Doa

Dasco pun memastikan, parlemen mendengar tuntutan para kepala desa untuk melakukan perpanjangan jabatan. Inilah sebab dirinya bersedia hadir ke tengah-tengah aksi unjuk rasa para kepala desa yang berlangsung di depan gedung parlemen tersebut.

“Saya keluar menyampaikan agar kawan-kawan ini segera tahu bahwa aspirasi mereka didengar dan akan dibicarakan di Badan Legislasi (Baleg),” tegas Dasco.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.