Dark/Light Mode

Aplikasi Ada Polisi Resmi Diluncurkan

Kapolda Metro: Polisi Harus Menjadi Transformasi Polisi Modern

Kamis, 17 November 2022 21:46 WIB
Foto: Bidhumas Polda Metro Jaya.
Foto: Bidhumas Polda Metro Jaya.

RM.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi bernama Ada Polisi besutan Polda Metro Jaya resmi diluncurkan pada hari ini. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut aplikasi ini sebagai bentuk transformasi polisi ke arah polisi modern.

Peluncuran aplikasi ini diluncurkan pada hari ini di Polda Metro Jaya. Irjen Fadil memimpin langsung peluncuran aplikasi tersebut.

"Program Ada Polisi adalah inovasi Polda Metro Jaya untuk menerapkan pemolisian modern yang berorientasi pada pencegahan khususnya kejahatan jalanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya dengan teknologi digital disertai dengan aksi nyata di lapangan," kata Irjen Fadil dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (17/11).

Baca juga : Mahfud: 3 Oknum Polisi Pencuri Sepeda Motor Di Sumut Harus Dihukum Berat

Irjen Fadil menyebut, aplikasi ini sebagai bentuk keseriusan dirinya untuk mengedepankan fungsi Binmas. Dia juga menyebut tindakan kejahatan tidak akan pernah hilang dan harus dihadapi dengan mengedepankan pencegahan.

"Kejahatan jalanan tidak pernah hilang bahkan justru semakin variatif. Bila menggunakan pendekatan penegakan hukum maka masalah ini tidak akan kunjung selesai. Inilah mengapa di era pemolisian modern, pendekatan yang perlu dikedepankan ialah pencegahan," beber Fadil.

Terpisah, Koorspripim Polda Metro Jaya, AKBP Iverson Monossoh yang merupakan Ketua Pokja Aplikasi Ada Polisi menyebut aplikasi ini sebagai bentuk pencegahan terjadinya tindak pidana. Aplikasi ini disebutnya juga berguna sebagai bank data tindak kejahatan yang terjadi di Jakarta.

Baca juga : IPW Apresiasi Kinerja Timsus Bentukan Kapolri Menangani Kasus Sambo

"Dengan demikian kita dapat mengidentifikasi akar masalah, menganalisa karakteristik dan pola kejahatan baik tempat, waktu, sarana, alat kekerasan termasuk penggunaan Narkoba dan minuman keras oleh pelaku," kata Iver.

"Semua akan menjadi informasi penting bagi Polri maupun stakeholder terkait, dalam menciptakan ekosistem yang membuat kejahatan jalanan sulit terjadi," sambungnya.

Diketahui Binmas Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi bernama Ada Polisi. Aplikasi ini berisi data-data terkait data statistik, karakteristik hingga sebab-sebab terjadinya tindakan kejahatan di Ibu Kota dan sekitarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.