Dark/Light Mode

Dukung Arahan Jokowi, Kornas Ganjarist: Setop Politik Identitas

Jumat, 20 Januari 2023 20:04 WIB
Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist, Kris Tjantra. (Foto : Ist)
Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist, Kris Tjantra. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Plt Ketua Umum relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah Kris Tjantra mendukung arahan Presiden Joko Widodo kepada para kepala daerah agar melindungi warganya dari politik identitas pada Pemilu 2024.

Menurut Kris Tjantra, apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi mewakili aspirasi yang diinginkan oleh koordinator nasional atau Kornas Ganjarist secara umum.

"Dalam era keterbukaan informasi maupun dalam era demokrasi seperti sekarang ini politik identitas atau sebuah alat politik yang mengkotak-kotakan etnis, suku, budaya dan agama untuk tujuan tertentu khususnya dalam pentas Pemilu 2024 memang tidak diperbolehkan," kata Kris Tjantra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/1).

Baca juga : Sindir Pendukung Tokoh Yang Kerap Serang Jokowi, Partai Garuda: Miskin Gagasan!

Menurutnya, saat ini yang harus dijual oleh seorang calon pemimpin adalah gagasannya dalam memajukan bangsa ini. "Bukan malah mengedepankan politik identitas," ungkap Kris.

Indonesia yang terdiri dari ratusan suku bangsa, ratusan bahasa, perbedaan budaya yang begitu banyak lanjut Kris justru harus dirawat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda-beda tetapi satu tujuan.

"Setop politik identitas dan mari kita jaga Indonesia yang beragam ini dengan mengedepankan gagasan, ide, saran maupun pikiran pada Pemilu 2024 nanti," lanjut Kris.

Baca juga : Di Rakornas PBB, Jokowi Pesan Jaga Stabilitas Keamanan di Tahun Politik

Seperti diketahui sebelumnya, pada rapat koordinasi nasional atau rakornas kepala daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah se-Indonesia di Sentul Bogor Jawa Barat, Jokowi mengingatkam soal bahaya Politik Identitas.

Selain politik identitas, Jokowi juga mengingatkan agar aparat TNI dan Polri tidak terlibat dalam politik praktis serta meminta kepala daerah untuk memetakan potensi kerawanan pemilu.

“Jangan pas kejadian baru kita pontang-panting sibuk ke sana ke sini. Salah siapa ini? Salah siapa ini?” ungkap Jokowi.

Baca juga : Relawan Klaim Dukungan Terhadap Ganjar Di Seluruh Indonesia Kian Masif

Jokowi juga menekankan semua pihak harus betul-betul memiliki sensitivitas di tahun politik serta sering turun ke lapangan sehingga kejadian-kejadian kecil bisa segera diredakan. “Saya titip betul masalah ini,” pinta Presiden Joko Widodo saat itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.