Dark/Light Mode

Kepincut Masuk Dunia Politik

Kaesang Ibarat Anak Gadis Cantik, Banyak Yang Melirik

Jumat, 27 Januari 2023 06:45 WIB
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Foto: Antara).
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, kepincut terjun di dunia politik. Kaesang ingin mengikuti jejak kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Keinginan Kaesang terjun ke dunia politik diungkap Gibran usai meng­hadiri groundbreaking Museum Budaya, Sains dan Teknologi Bengawan Solo dan Moxy Hotel by Marriot di Jalan Ki Hajar Dewantara, Rabu (25/1).

Gibran mengatakan, Kaesang menga­takan sendiri kepadanya dan Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

Baca juga : Ganjar Sedang Turun, Anies Sedang Naik

“Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ke­tertarikan di politik (jabatan eksekutif)” ujar Gibran.

Meski demikian, Gibran belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024. “Saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu. Ini penjajakan dulu,” katanya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Kaesang meneruskan kepemimpinannya sebagai wali kota Solo, Gibran enggan menjawab. “Yo ra ngerti (Ya nggak tahu). Tekono (tanyakan) Kaesang. Tergantung de’e ngko milih kota apa ya (dia nanti memilih kota apa),” kata Gibran.

Baca juga : Maroko Menang, Boufal Ajak Emaknya Joget Di Lapangan

Gibran menegaskan, tidak akan mengintervensi keputusan adiknya di bidang politik. Dia memberi kebebasan penuh kepada Kaesang memilih partai.

“Kaesang aja yang memutuskan. Beda partai boleh, sama boleh, independen boleh. Semua bagus,” kata Gibran.

Keinginan Kaesang terjun ke dunia politik disambut antusias beberapa par­tai. Mereka berlomba-lomba mengajak suami Erina Gudono itu untuk masuk ke partai.

Baca juga : Berkah! Tasyakuran Kaesang-Erina, Masyarakat Solo Ngaku Pendapatannya Meningkat

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono membuka lebar pintu Gerindra untuk Kaesang apabila ingin bergabung. Dia bilang, Gerindra senantiasa mendorong, serta mengajak generasi muda Indonesia untuk peduli dan aktif di dunia politik.

Senada, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidhowi membuka pintu bagi Kaesang untuk bergabung ke partainya. PPP tak hanya terbuka pada Kaesang, juga kepada siapa saja yang berminat gabung ke partai ber­lambang Ka’bah itu.

Begitu juga dengan PDIP. Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengajak Kaesang bergabung menjadi kader PDIP. Dia bilang, politik bagi anak muda selama ini cenderung dijauhi karena persepsi terhadap politik yang kurang baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.