Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ribuan Masyarakat Padati SCH Sleman, Musra XVI Yogyakarta Meriah

Minggu, 29 Januari 2023 14:11 WIB
Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XVI Yogyakarta digelar di Sleman City Hall (SCH) Sleman, Yogyakarta, Minggu (29/1). (Foto: Istimewa)
Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XVI Yogyakarta digelar di Sleman City Hall (SCH) Sleman, Yogyakarta, Minggu (29/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XVI Yogyakarta sukses digelar di Sleman City Hall (SCH) Sleman, Yogyakarta, Minggu (29/1). Ajang pencarian capres-cawapres ini dihadiri ribuan lebih relawan dari berbagai daerah di Yogyakarta.

Masing-masing perwakilan relawan capres-cawapres yang hadir mengungkapkan keunggulan jagoannya. Ada yang mendukung Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Arsjad Rasjid, Moeldoko, dan banyak lagi tokoh lainnya.

Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea mengapresiasi antusiasme relawan dan masyarakat Yogyakarta yang hadir membanjiri arena Musra.

Baca juga : Ingin Masyarakat Ikut Memantau, Ganjar Minta Sosialisasi Prolegnas Lebih Gencar

"Sukses Musra Indonesia Yogyakarta. Sampaikan aspirasi dengan gembira," tutur Andi Gani lewat rekaman video yang ditampilkan di arena Musra Yogyakarta, Minggu (29/1).

Andi Gani menjelaskan, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta. Di puncak Musra itu, kata Andi, akan diumumkan 3 nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

"Ada nama capres-cawapres ini nantinya akan kami laporkan ke Presiden Jokowi. Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar capres ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga Uno, Arsjad Rasjid, dan Moeldoko," ungkapnya.

Baca juga : Tokoh Riau Dan Srikandi DPD Intsiawati Ayus Bergabung Ke Partai Perindo

Ketua Panitia Musra Indonesia Panel Barus menyebut, sampai dengan hari ini Musra sudah beranjak ke putaran 15. Pelaksanaan Musra, lanjut Panel, adalah ikhtiar menjalankan proses demokrasi dengan melibatkan rakyat secara langsung.

"Rakyat subjek perubahan, tidak boleh hanya sebagai objek. Ini bentuk keseriusan kita menjalankan demokrasi. Kita sungguh-sungguh mendorong keterlibatan rakyat. Musra jadi alat rekam yang paling jujur mengetahui apa yang jadi kehendak rakyat," tegasnya.

Penanggungjawab Musra Indonesia Budi Arie Setiadi menambahkan, setelah Yogyakarta, Musra akan memasuki putaran berikutnya di Semarang, Medan, dan Balikpapan.

Baca juga : Libur Nataru, 8,3 Juta Masyarakat Bepergian Via Angkutan Umum

"Musra instrumen menyampaikan aspirasi masyarakat terkait agenda prioritas dan pemimpin nasional. Kita akan sampaikan dalam acara puncak hasilnya kepada Presiden Jokowi," ungkap Budi Arie. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.