Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Beri Edukasi Warga, Ustadz Sahabat Ganjar Adakan Pelatihan Memandikan Jenazah

Senin, 6 Februari 2023 18:55 WIB
Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar kembali menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (6/2). (Foto: Ist)
Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar kembali menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (6/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar kembali menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (6/2).

Pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang. Mereka diedukasi tentang tata cara memandikan jenazah. Diketahui, memandikan jenazah adalah kegiatan fardu kifayah yang perlu diketahui masyarakat.

Korda Usbat Ganjar di Deli Serdang Ahmad Thalhah menyatakan pihaknya sengaja menggelar pelatihan memandikan jenazah di wilayah ini. Menurut dia, tidak semua warga bisa memenuhi hak orang yang sudah meninggal tersebut.
 
"Untuk menambah ilmu, kami berinisiatif memberikan pelatihan fardu kifayah, khususnya bagian memandikan jenazah, agar pelaksanaan ini selanjutnya bisa diaplikasikan oleh masyarakat," ucap Thalhah.

Baca juga : Sahabat Ganjar Perkuat Sinergitas Simpatisan GP 2024 Di NTB Dan Jabar

Dia berharap warga Deli Serdang, khususnya di Dusun V, Kecamatan Petumbak, bisa secara mandiri memandikan jenazah. Dengan begitu, ke depan masyarakat mudah mendapatkan orang yang bisa memandikan jenazah.

"Kami berharap para warga ini mampu secara mandiri memandikan jenazah di daerah setempat sehingga hal ini membawa manfaat bagi daerah sekitar," ucapnya.

Narasumber pelatihan memandikan jenazah sekaligus Korda Usbat Ganjar di Medan Ahmad Dairobi menjelaskan tata cara memandikan jenazah kepada warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang. Mulai menyiram tubuh jenazah hingga bersih dengan sabun sampai mewudui jenazah.

Baca juga : Peringati Satu Abad NU, Sahabat Ganjar Gelar Doa Bersama Di Lombok

"Pertama, jenazah dibawa ke pemandian, lalu sekujur tubuh disiram dan dibersihkan dengan sabun. Kemudian, dicek kebersihannya. Setelah itu, disiram dengan air wewangin dan diwudui. Begitu sekiranya," ucapnya setelah kegiatan pelatihan pemandian jenazah di lokasi pada Senin (6/2).

Usbat Ganjar rencananya terus menggelar kegiatan positif, khususnya pelatihan kepada imam-imam di masjid dalam memimpin jemaahnya. 

"Intinya kami terus mengadakan kegiatan positif yang berdampak bagi warga," ungkapnya.

Baca juga : Tuan Guru Sahabat Ganjar Perkuat Peran Majelis Talkie

Selain itu, Usbat Ganjar di Deli Serdang juga memberikan pengeras suara dan karpet untuk menunjang kegiatan Majelis Taklim An Nur di Kecamatan Petumbak, Deli Serdang.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.