Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Melestarikan Batik, Srikandi Ganjar Yogyakarta Gandeng Milenial Ikut Pelatihan

Selasa, 14 Februari 2023 11:20 WIB
Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan pelatihan membatik bersama milenial di Kampung Batik, Gazebo Wisata Giriloyo, Karang Kulon, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul pada Selasa (14/2).  (Foto: Ist)
Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan pelatihan membatik bersama milenial di Kampung Batik, Gazebo Wisata Giriloyo, Karang Kulon, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul pada Selasa (14/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan pelatihan membatik bersama milenial di Kampung Batik, Gazebo Wisata Giriloyo, Karang Kulon, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul pada Selasa 14 Februari 2023.

Koordinator Srikandi Ganjar DIY, Herawati mengatakan kegiatan pelatihan membatik itu dilakukan untuk mengajak milenial memupuk rasa cinta produk Indonesia, termasuk karya batik.

Dia mengatakan kegiatan itu sejalan dengan misi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang selama ini selalu mendorong pelestarian batik dan kain-kain tradisional khas Indonesia lainnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Jabar Bangkitkan Gairah Olahraga Milenial Indramayu

“Kami ingin milenial belajar mencintai karya-karya budaya dan produk Indonesia, contohnya batik seperti yang dilakukan Pak Ganjar Pranowo. Kita bisa melihat sendiri, Pak Ganjar sering berganti-ganti pakaian adat daerah setiap minggu,” tutur Herawati.

Sebagaimana diketahui, Ganjar Pranowo kerap berpakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia satu kali dalam seminggu. Ini cara Ganjar mengajak masyarakat untuk menghargai setiap hasil karya budaya dan tradisi di Indonesia

“Harapan kami milenial akan belajar banyak tentang cara membatik dan tentunya cinta pakai batik,” sambung Herawati.

Baca juga : Matangkan Persiapan Pemilu 2024, Ganjar Gandeng Stakeholder Gencarkan Sosialisasi

Wulan, salah satu milenial yang ikut pelatihan membatik itu mengaku sangat senang bisa turut dalam kegiatan positif tersebut terutama karena dia juga menyukai baju bermotif batik.
Dia berharap kegiatan yang sama juga digelar di daerah-daerah lainnya.

“Semoga kegiatan seperti ini dijalankan di tempat lain juga sehingga warga daerah lain juga tahu cara membatik. Saya makin cinta batik setelah kegiatan ini. Terima kasih Srikandi Ganjar DIY,” tutur Wulan.

Dalam kegiatan ini, Srikandi Ganjar DIY juga sosialisasi terkait sosok Ganjar Pranowo pada warga setempat dan milenial peserta kegiatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.