Dark/Light Mode

Kawal Demokrasi Beretika Dan Berintegritas

DKPP Gandeng 12 Pegiat Pemilu

Rabu, 1 Februari 2023 07:25 WIB
Anggota DKPP, J Kristiadi. (Foto: Dok. DKPP)
Anggota DKPP, J Kristiadi. (Foto: Dok. DKPP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggandeng 12 pegiat Pemilu untuk mengawal pesta demokrasi agar berjalan penuh etika dan berintegritas. Deklarasinya dilakukan awal pekan ini. Selain itu akan digelar Focus Group Discussion (FGD) dengan para pegiat Pemilu.

Anggota DKPP, J Kristiadi mengatakan, deklarasi ini adalah wujud tekad DKPP ber­sama penggiat Pemilu mewu­judkan Pemilu yang lebih baik. “Ini bukan retorika simbolik, tapi deklarasi ini merupakan tekad kita yang sebenarnya,” aku J Kristiadi dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Hadapi Tahun Politik, Pegawai Kemenkumham Ikrarkan Netralitas Dalam Pemilu

Ke-12 pegiat Pemilu yang menandatangani deklarasi adalah Neni Nurhayati (DEEP), Wildhan Khalyubi (KISP), Muh. Afit Khomsani (Netfid), Heroik Mutaqin Pratama (Perludem), Siti Badriyah (Migrant CARE), Ray Rangkuti (LIMA), Hariaman Patianakota (TePI), Yusfitriadi (LS Vinus), Mike Verawati (Koalisi Perempuan Indonesia), Erik Kurniawan (SPD), Nixigo Sasvito (JPPR), dan Jojo Rohi (KIPP).

DKPP bersama pegiat Pemilu sepakat, Pemilu adalah mani­festasi kedaulatan rakyat yang dilaksanakan dengan menjun­jung tinggi etika, integritas serta kompetensi dalam mengelola nilai-nilai luhur bangsa.

Baca juga : Anies Bisa Lepas Dari Pelukan Paloh

Karena itu, Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 diharap­kan menjadi bukti kedewasaan bangsa Indonesia dalam mem­praktekkan kehidupan demokrasi yang bermartabat dan berkeadilan.

“Proses serta penyelenggaraan harus didasari asas lang­sung, umum, besas, rahasia, jujur dan adil. Upaya tersebut merupakan usaha kolektif serta gotong royong yang melibatkan seluruh elemen penyelenggara, peserta, pemilih, pemerintah, dan masyarakat sipil,” begitu bunyi salah satu poin deklarasi. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.