Dark/Light Mode

Populi Center: Head To Head, Ganjar 47,3 Persen VS Anies 35,4 Persen

Selasa, 14 Februari 2023 12:04 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Populi Center menyampaikan hasil survei terbaru soal elektabilitas tokoh menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam survei itu, Populi Center melakukan simulasi dengan dua nama yang selama ini getol disebut sebagai calon presiden, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasilnya, dari simulasi head to head, Ganjar yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah itu unggul jauh atau menang telak dari Anies.

"Pada simulasi pertama, nama Ganjar Pranowo unggul dengan 47,3 persen. Sementara Anies Baswedan 35,4 persen," ujar salah satu peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam siaran persnya, Selasa (14/2).

Baca juga : Head To Head Di Putaran Kedua, Ganjar Diprediksi Menang Lawan Anies

Populi kemudian melakukan simulasi kedua dengan nama Prabowo Subianto melawan Anies. Hasilnya, Anies tetap kalah.

"Simulasi kedua, Prabowo mendapat 43,8 persen, sementara Anies hanya 37,3 persen," ujar dia.

Dari simulasi kedua juga dapat diketahui keunggulan Ganjar Pranowo lebih tinggi saat head to head dengan Anies, ketimbang Prabow.

Baca juga : Patroli Cek Tanggul, Ganjar Gandeng Kepala Desa Cegah Banjir

Selain itu, Populi Center juga melakukan simulasi dengan tiga nama sekaligus, yakni Ganjar, Anies, dan Prabowo.

Dalam simulasi tiga nama, Ganjar unggul dengan perolehan 36,3 persen. Lalu Prabowo 28,8 persen. Selanjutnya di posisi ketiga ada Anies dengan 24,5 persen.

Survei tersebut digelar pada periode 25 Januari hingga 3 Februari 2023 di 38 provinsi di seluruh Indonesia. Survei menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling.

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Menguat, Anies Menurun, Prabowo Stagnan

Survei melibatkan 1.200 responden yang datanya diambil melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Adapun margin of error +/- 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.