Dark/Light Mode

LKPI: Dua Menteri Jokowi Ungguli Ganjar Dan Anies

Senin, 12 Desember 2022 18:20 WIB
Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) kembali melakukan jejak pendapat terkait dinamika pencapresan menuju Pilpres 2024.

Dalam survei ini, LKPI mengukur tingkat elektabilitas tokoh didasarkan pada empat ukuran, yakni erilaku spesifik, aspek kepemimpinan, transformasional, dan pengalaman.

Hasilnya, nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menunjukan tren elektoral positif. Sebanyak 17,20 persen responden mempercayai Airlangga menjadi Presiden.

Baca juga : Raheem Sterling Siap Ke Qatar Lagi

"Selanjutnya Prabowo Subianto 16,20 persen, Ganjar Pranowo 10,70 persen, Anies Baswedan 7,40 persen, lalu diikuti oleh Puan Maharani yang 4,7 persen, dan Sri Mulyani 4,60 persen," kata Direktur Eksekutif LKPI, Heru Suyatno dalam keterangannya, Senin (12/12).

Menurutnya, calon pemimpin Indonesia ke depan harus memiliki kemampuan melakukan transformasi di bidang pembangunan sumber daya manusia.

Itulah, katanya, yang menjadi tantangan terbesar Indonesia di tengah gempuran teknologi sosial dan globalisme.

Baca juga : Duet Prabowo-Ganjar Bisa Menang 1 Putaran

"Untuk kriteria yang harus dipenuhi calon pemimpin di masa depan, adalah mampu meningkatkan kualitas ekonomi dan sumber daya manusia Indonesia. Pasalnya, persaingan ekonomi ke depan akan semakin ketat," ujarnya.

Karena itu, pengalaman, kemampuan dan prestasi Airlangga Dinilai cocok di hati masyarakat. Makanya, berdasarkan penilaian tersebut, ketua umum partai Golkar itu lagi-lagi mendapat elektabilitas tinggi dari masyarakat.

Adapun survei kali ini dilakukan dengan wawancara melalui tatap muka dan sambungan telepon seluler serta WhatsApp Video Call secara langsung di 34 ibu kota Provinsi di Indonesia.

Baca juga : Jokowi Sayangi Korban Gempa

Teknik penetapan sampel dilakukan adalah probability sampling dengan cara multi stage random sampling dengan jumlah responden 2.380 orang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.