Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

APPMI Yakin IKN Dongkrak Kemajuan Batik Kutai

Jumat, 17 Februari 2023 15:35 WIB
Wakil Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Provinsi Kalimantan Timur, Imam Pranawa. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Provinsi Kalimantan Timur, Imam Pranawa. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Provinsi Kalimantan Timur, Imam Pranawa menyebut bahwa pihaknya sangat mendukung keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Seluruh penggiat seni design dan pengusaha UMKM kerajinan batik Melayu Kutai sangat mendukung IKN," kata Imam kepada wartawan di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Jumat (17/2).

Sebab kata dia, IKN bisa berdampak sangat positif bagi bisnis mereka.

Baca juga : DPR Ingatkan LPSK Konsisten Jaga Keselamatan Bharada E

"Kehadiran IKN Nusantara justru merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan design-design motif batik lokal Melayu Kutai yang telah diciptakan oleh designer atau pelaku seni di Kukar dan Kaltim," ujarnya.

Dijelaskan Imam, bahwa Batik Melayu Kutai di Kaltim memiliki ciri khas motif tersendiri, ada 10 Kabupaten Kota yang merupakan sentra batik Melayu Kutai.

"Dengan IKN ini, kita bisa terus mengeksplor dan memeperkenalkan lebih jauh karya-karya motif batik melayu IKN Nusantara," sambungnya.

Baca juga : Prabowo Lepas Keberangkatan Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Turki

Kemudian, Imam juga menjelaskan bahwa ke depannya, sebagai pengusaha dan pelaku seni, dalam rangka untuk melestarikan karya design motif batik Melayu Kutai, maka para pelaku UMKM tengah gencar melakukan promosi batik di Kutai Kartanegara maupun daerah lainnya.

Ia pun berharap di tahun 2023 bisa terselenggara pagelaran Nusantara Fashion Week yang akan dilakukan pada pertengahan tahun secara sukses dan sesuai dengan target yang diharapkan.

Sebab kata dia, salah satu strategi untuk mempromosikan motif batik melayu kutai sebagai ciri khas IKN Nusantara di Kaltim, adalah melalui sosial media dan mengikuti pagelaran busana.

Baca juga : Holding UMi Dongkrak Kinerja BRI

"Kita harap selain pelaku usaha designer fashion bisa mempromosikan karya Kalimantan Timur, dipastikan akan menarik perhatian designer kain batik dari Jawa untuk datang dan berpartisipasi. Karena dengan adanya IKN, designer mode atau fashion akan ikut berkembang maju di Kalimantan, bahkan Kaltim bisa jadi kiblat design mode ke depan," paparnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.